PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, PARENTAL TEACHING, DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2017)


Elita Sari, 7101416007 (2020) PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, PARENTAL TEACHING, DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416007.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017 belum dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, 53,3% mahasiswa mengalami defisit uang saku dan 75% mahasiswa tidak membuat anggaran pengeluaran dan belanja setiap bulannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh financial attitude, parental teaching, dan internal locus of control terhadap financial management behavior baik secara langsung maupun melalui financial literacy sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017 berjumlah 6.361 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 376 mahasiswa. Teknik sampel menggunakan incidental sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa financial management behavior, financial attitude, parental teaching, internal locus of control dalam ketogori baik dan financial literacy dalam kategori cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif financial attitude, parental teaching, internal locus of control, dan financial literacy terhadap financial management behavior. Financial attitude, parental teaching, dan internal locus of control berpengaruh positif terhadap financial literacy. Parental teaching dan internal locus of control berpengaruh positif terhadap financial management behavior melalui financial literacy. Financial attitude tidak berpengaruh terhadap financial management behavior melalui financial literacy. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif financial attitude, parental teaching, internal locus of control, dan financial literacy terhadap financial management behavior. Adanya pengaruh positif financial attitude, parental teaching, dan internal locus of control terhadap financial literacy. Ada pengaruh positif parental teaching dan internal locus of control terhadap financial management behavior melalui financial literacy sebagai variabel intervening. Tidak berpengaruh financial attitude terhadap financial management behavior melalui financial literacy sebagai variabel intervening. Saran yang diberikan adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017 untuk menerapkan kebiasaan berperilaku yang baik dalam mengelola keuangan sehari-hari dengan cara meningkatkan financial literacy.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Attitude, Parental Teaching, Internal Locus of Control, Financial Management Behavior, Financial Literacy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 14:18
Last Modified: 04 Sep 2020 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38957

Actions (login required)

View Item View Item