IDENTIFIKASI PERTUMBUHAN LUAS LAHAN TERBANGUN DAN PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN PENDUDUK DI KOTA SALATIGA TAHUN 2000 - 2019


Riznatul Isnaveni, 3211415038 (2020) IDENTIFIKASI PERTUMBUHAN LUAS LAHAN TERBANGUN DAN PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN PENDUDUK DI KOTA SALATIGA TAHUN 2000 - 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211415038.pdf] PDF - Published Version
Download (459kB)

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk Kota Salatiga sejak berdirinya dari waktu ke waktu bedampak pada meningkatnya kegiatan penduduk, fungsi kota, serta kebutuhan akan ruang. Tahun 1992, Kota Salatiga melakukan pemekaran wilayah. Pemekaran Kota Salatiga memberikan kesempatan yang luas kepada pemerintah daerah untuk mengurus, mengelola, dan mengoptimalkan pembangunan daerah. Proses pembangunan mengindikasikan adanya pertumbuhan luas lahan terbangun yang berdampak pada perubahan mata pencaharian penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola pertumbuhan luas lahan terbangun, (2) mengetahui perubahan mata pencaharian penduduk, (3) mengetahui hubungan pertumbuhan luas lahan terbangun dan perubahan mata pencaharian penduduk. Lokasi penelitian ini adalah Kota Salatiga. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretasi citra, survey lapangan dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan populasi area yaitu seluruh wilayah Kota Salatiga yang terdiri dari 22 kelurahan, dan populasi penduduk yaitu seluruh penduduk yang bekerja pada tahun 2000 atau 2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel populasi (total sampling) dengan melibatkan seluruh populasi dalam penelitian. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis tetangga terdekat, statistik deskriptif, dan analisis korelasi Kendall Tau. Hasil penelitian ini (1) Nilai Tetangga Terdekat (ANN) =1,04 menunjukan pertumbuhan luas lahan terbangun membentuk pola menyebar tidak merata. (2) Mata pencaharian penduduk mengalami perubahan dimana mata pencaharian paling dominan tahun 2000 adalah sebagai petani di 10 kelurahan, karyawan industri di 6 kelurahan, pedagang di 2 kelurahan, pekerja bangunan di 2 kelurahan, pekerja angkut di 1 kelurahan dan PNS/ABRI POLRI di 1 kelurahan. Pada tahun 2019 dominasi mata pencaharian penduduk beralih sebagai karyawan industri di 19 kelurahan, dan sebagai buruh bangunan di 3 kelurahan. (3) Pengaruh pertumbuhan luas lahan terbangun terhadap perubahan mata pencaharian penduduk tahun 2000 hingga 2019 cukup bervariasi diantaranya kuat dan searah, berlawanan arah, serta lemah. Hubungan ini ditunjukan dengan nilai τ -0,07 hingga 0,49. Saran penelitian ini adalah warga yang bertempat tinggal di Kota Salatiga dan memiliki lahan diharapkan dapat memanfaatkan lahan yang dimiliki secara optimal. Warga turut serta diharapkan aktif dalam mengembangkan keahlian baik pribadi maupun untuk sesama terutama bagi generasi muda, agar dapat memiliki variasi pilihan mata pencaharian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan luas lahan Terbangun, Mata Pencaharian, Penduduk, Salatiga.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Sep 2020 06:08
Last Modified: 04 Sep 2020 06:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38888

Actions (login required)

View Item View Item