PENGARUH LATIHAN PUSH UP DAN MEDICINE BALL TERHADAP HASIL LEMPARAN KEDALAM PADA SISWA SSB PELANGI UNGARAN KU-15 TAHUN 2019


ATA RUCHUL QISTI, 6301415160 (2020) PENGARUH LATIHAN PUSH UP DAN MEDICINE BALL TERHADAP HASIL LEMPARAN KEDALAM PADA SISWA SSB PELANGI UNGARAN KU-15 TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301415160.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh latihan dengan push up terhadap hasil lemparan kedalam? 2) Adakah pengaruh latihan dengan medicine ball terhadap hasil lemparan kedalam? 3) Manakah yang lebih baik antara latihan dengan push up dan medicine ball terhadap hasil lemparan kedalam SSB Pelangi Ungaran? Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah matching by subject design yang selanjutnya disebut dengan pola M-S. Populasi dalam penelitian ini ada siswa SSB Pelangi Kelompok Umur 15 Tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 anak. Teknik pengambilan menggunakan survei dengan alat tes dan pengukuran. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa latihan push up terhadap jauhnya hasil lemparan kedalam pada siswa SSB Pelangi Ungaran mengalami peningkatan sebesar 19,63%, itu berarti latihan push up berpengaruh terhadap jauhnya lemparan kedalam. Latihan dengan media medicine ball terhadap jauhnya hasil lemparan kedalam pada siswa SSB Pelangi Ungaran mengalami peningkatan sebesar 20,26% dan berpengaruh terhadap jauhnya hasil lemparan kedalam. Latihan dengan media medicine ball berpengaruh lebih signifikan daripada latihan dengan push up pada siswa SSB Pelangi Ungaran. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh latihan push up dan medicine ball. Latihan medicine ball lebih baik dari pada latihan push up terhadap lemparan ke dalam siswa Sekolah Sepakbola Pelangi Ungaran umur 15 tahun. Saran dari peneliti alangkah baiknya pelatih memberikan latihan untuk meningkatkan hasil lemparan kedalam dengan kedua metode yaitu push up dan medicine ball.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Push Up, Medicine Ball, Lemparan Kedalam
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 02 Sep 2020 18:32
Last Modified: 02 Sep 2020 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38767

Actions (login required)

View Item View Item