PERSEPSI GURU TENTANG 5M DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN BOYOLALI
Alfat Ahlian Majidi, 4201412122 (2018) PERSEPSI GURU TENTANG 5M DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Sekolah sebagai pendidikan formal diharapkan mampu untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Guru merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang 5M dan mengetahui pelaksanaan 5M dalam pembelajaran fisika di SMA Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang meliputi observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa rata-rata persepsi guru tentang 5M dan pelaksanaan 5M di SMA Kabupaten Boyolali sudah dalam kriteria baik. Uji-t menunjukkah bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari persepsi guru tentang 5M dan pelaksanaan 5M dalam pembelajaran fisika di SMA Kabupaten Boyolali. Dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tengtang 5M dalam pembelajaran fisika sudah dalam kategori baik dan pelaksanaan 5M dalam pembelajaran fisika juga sudah dalam kategori baik. Bila ditinjau dari status sekolah maka tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan untuk persepsi guru tentang 5M dan pelaksanaan 5M dalam pembelajaran fisika antara SMA Negeri dan Swasta. Hal ini didukung oleh skor Ujian Nasional dari tiap-tiap sekolah. SMA dengan skor pelaksanaan 5M yang tinggi maka memperoleh hasil Ujian Nasional yang tinggi pula.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan saintifik, keterampilan proses sains, 5M, pembelajaran fisika |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 15:55 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 15:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38735 |
Actions (login required)
View Item |