EFEKTIVITAS METODE BRAINSTORMING UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 2 KOTA SEMARANG


Nissa Bela Nurussalma, 2303416059 (2020) EFEKTIVITAS METODE BRAINSTORMING UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 2 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303416059.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Keterampilan menyimak dan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelas XI MAN 2 Kota Semarang tergolong masih rendah. Antusiasme dan keaktifan siswa masih kurang disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kurangnya variasi metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru yaitu metode ceramah. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan metode yang inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa aktif, termotivasi dan menyenangkan dalam belajar. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode Brainstorming dalam pembelajaran. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas metode Brainstorming untuk peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas XI MAN 2 Kota Semarang. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan adalah instrumen tes lisan. Instrumen nontes adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kelas eksperimenix lebih besar dibanding dengan kelas kontrol. Hal ini terbukti dengan hasil tes yaitu pada kelas eksperimen rata-rata nilai pre-test dan post-test keterampilan menyimak adalah 67,33 dan 75,53. Sedangkan nilai rata-rata pret-test dan post-test keterampilan berbicara kelas eksperimen adalah 68,00 dan 77,90. Adapun untuk kelas kontrol, nilai rata-rata pre-test dan post-test keterampilan menyimak adalah 65,83 dan 70,00. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test keterampilan berbicara kelas kontrol adalah 69,07 dan 69,20. Dari perhitungan menggunakan ttest diperoleh thitung = 2,83 dan 2,28, sedangkan ttabel untuk N=30 dan derajat kebebasan dk=30-1=29 adalah 2,045 dengan taraf signifikansi 5%. Maka hipotesis yang diterima adalah Ha. Dengan demikian penerapan Metode Brainstorming efektif untuk keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI MAN 2 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara, Metode Brainstorming.
Subjects: P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 11:40
Last Modified: 02 Sep 2020 11:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38721

Actions (login required)

View Item View Item