PENGEMBANGAN MEDIA QBA (QUIET BOOK ARABIC) UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI


Siti Lailatul Qodriatin, 2303416044 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA QBA (QUIET BOOK ARABIC) UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303416044.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Permasalahan tersebut adalah kurangnya kemampuan mengungkapkan ide, gagasan, pikiran, dan perasaan ke dalam sebuah tulisan berbahasa Arab dengan benar, logis dan sistematis pada keterampilan menulis bahasa Arab. Hal ini disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran dan juga pembelajaran yang masih bepusat pada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran untuk keterampilan menulis dengan menggunakan media pembelajaran yang bernama QBA (Quiet Book Arabic). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa bahasa Arab terhadap Media QBA (Quiet Book Arabic). 2) bagaimana purwarupa Media QBA (Quiet Book Arabic). 3) bagaimana penilaian guru bahasa Arab dan Pakar/ Ahli terhadap Media QBA (Quiet Book Arabic). Manfaat dari penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran QBA (Quiet Book Arabic) untuk membantu siswa kelas VIII MTs dalam belajar keterampilan menulis bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis Research and Development (R&D) menurut Sugiyono sampai pada tahap lima, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain setelah validasi ahli dan guru. Dan dengan subjek penelitian yaitu siswa MTs kelas VIII. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media QBA (Quiet Book Arabic) untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs yang terdiri dari tiga tema yaitu ( الِمهنةprofesi) ( الِمهنة ال ِطّبِّيّةprofesi dokter) ) الِّريَا ِضيُّْوَنolahraga). Kedua, purwarupa media QBA (Quiet Book Arabic) dikembangkan dengan dua bagian meliputi (a) fisik media QBA (Quiet Book Arabic), terdiri dari bentuk, ukuran, dan desain media; dan (b) bagian isi yang terdiri dari kosakata, materi, tata bahasa, dan evaluasi. Ketiga, penilaian aspek fisik memperoleh nilai rata-rata 86,9 mencapai skala 4 dengan kategori sangat layak

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Media Pembelajaran, Quiet Book Arabic, Siswa Kelas VIII
Subjects: P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 11:24
Last Modified: 02 Sep 2020 11:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38719

Actions (login required)

View Item View Item