PENGEMBANGAN MEDIA MONJARA (MONOPOLI JARI TANGAN BAHASA ARAB) BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VII MTs DI KABUPATEN DEMAK


Akhlaqul Karimah, 2303415047 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MONJARA (MONOPOLI JARI TANGAN BAHASA ARAB) BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VII MTs DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303415047.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Sebagian besar siswa MTs merasa kesulitan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab. permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu peneliti menawarkan solusi dengan pengembangan media pembelajaran berupa Monopoli Jari Tangan bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, 1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media MONJARA, 2) bagaimana Prototipe Media Jari Tangan Media MONJARA (Monopoli Jari Tangan Bahasa Arab), 3) bagaimana hasil uji validasi ahli terhadap desain Media MONJARA (Monopoli Jari Tangan Bahasa Arab) pada keterampilan membaca Bahasa Arab. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui non tes.. Instrumen data non tes yang digunakan berupa wawancara, dan angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validasi ahli terhadap media MONJARA, dan Dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Prototipe media MONJARA (Monopoli Jari Tangan bahasa Arab), dikategorikan dalam 2 kategori yaitu (1) fisik media MONJARA, yang meliputi ukuran, warna, bahan, gambar, dan bentuk media. (2) isi media MONJARA, yang meliputi kosa kata, teks bacaan, tata bahasa, evaluasi dan petunjuk permainan. Penilaian dan saran perbaikan oleh guru dan ahli terhadap media Monopoli Jari Tangan bahasa Arab sebagai media keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs. Aspek isi memperoleh nilai rata-rata 89,42, aspek penyajian memperoleh nilai rata-rata 89,65, aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 80.16, dan aspek fisik media memperoleh nilai rata-ratan 89,34. Dari ratarata keempat aspek diperoleh nilai rata-rata akhir yaitu 87,14, yang mana ini berarti rata-rata keseluruhan berda pada rentang 86-100 mencapai skala 4 dengan kategori sangat layak (sangat sesuai). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media MONJARA sebagai media keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs yang peneliti kembangkan sangat layak digunakan oleh siswa kelas VII MTs guna meningkatkan pembelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan membaca. Berdasarkan saran perbaikan guru dan ahli, dari keempat aspek mengalami perbaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca Bahasa Arab; MONJARA
Subjects: P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:04
Last Modified: 02 Sep 2020 06:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38712

Actions (login required)

View Item View Item