PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TRIARKI INTELEGENSI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTS KELAS VII


Ike Fitriana Saraswati, 2303416029 (2020) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TRIARKI INTELEGENSI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTS KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303416029.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab yang kurang berjalan dengan baik. Akibat dari timbulnya permasalahan tersebut salah satunya adalah siswa kurang mampu melahirkan ideide kreatif dalam keterampilan menulis bahasa Arab, sehingga siswa kurang mampu berpikir secara kritis untuk menyusun sebuah karangan. Adapun dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab, siswa perlu melewati proses di antaranya menganalisis kata/kalimat, melahirkan ide-ide kreatif, dan merangkai sebuah karangan. Maka dari itu, perlu adanya suatu metode yang dapat mendorong kemampuan siswa untuk berpikir analitis, kreatif, dan praktis. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap metode pembelajaran berbasis Triarki Intelegensi untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MTs kelas VII, (2) bagaimana purwarupa metode pembelajaran berbasis Triarki Intelegensi untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MTs kelas VII, dan (3) bagaimana validasi ahli dan guru serta revisi desain terhadap purwarupa metode pembelajaran berbasis Triarki Intelegensi untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MTs kelas VII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap lima dari sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan metode pembelajaran berbasis Triarki Intelegensi untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MTs kelas VII. Kedua, purwarupa metode pembelajaran ini memuat latar belakang lahirnya metode ini, KI KD dan indikator keterampilan menulis bahasa Arab kelas VII semester genap, langkah-langkah pembelajaran dan kriteria penilaian. Ketiga, Penilaian pada aspek kelayakan materi/isi memperoleh nilai 91,9, aspek kelayakan penyajian memperoleh nilai 94,4, aspek bahasa memperoleh nilai 45,66 dan aspek kelayakan metode memperoleh nilai 104,48 nilai keseluruhan aspek metode pembelajaran ini adalah 336,44 dengan kategori layak dengan predikat bagus. Sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan menulis siswa MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Triarki Intelegensi, Keterampilan menulis, Bahasa Arab.
Subjects: P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:49
Last Modified: 02 Sep 2020 05:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38709

Actions (login required)

View Item View Item