ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG


Ratna Asih, 2303416002 (2020) ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303416002.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Keterampilan membaca (maharah al-qiroah) merupakan salah satu keterampilan dalam bahasa untuk mengubah lambang tulis menjadi lambang bunyi. Fonologi merupakan salah satu cabang linguistik yang membahas tentang bunyi dalam bahasa. Dalam ilmu fonologi dibagi menjadi dua cabang ilmu, yaitu fonetik dan fonemik. Fonetik merupakan cabang fonologi yang mempelajari bunyi tanpa memperhatikan fungsinya, sedangkan fonemik merupakan cabang fonologi yang mempelajari bunyi bahasa dengan memperhatikan bunyi tersebut sebagai pembeda makna. Pentingnya memperhatikan dan mempelajari cara membunyikan huruf, kata, atau kalimat dalam bahasa Arab terutama bagi pelajar pemula agar selanjutnya tidak terjadi kesalahan sehingga tidak menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang kesalahan berbahasa dari segi fonologi dalam keterampilan membaca teks berbahasa Arab siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks berbahasa Arab siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dan apa saja faktor penyebab kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks berbahasa Arab siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan fonologi serta faktor penyebab kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks berbahasa Arab oleh siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan fonologi dalam membaca teks berbahasa Arab oleh siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 511 kesalahan fonologi yang dilakukan siswa saat membaca teks berbahasa Arab. Diantara kesalahan tersebut adalah kesalahan konsonan, kesalahan vokal, kesalahan diftong, kesalahan konsonan ganda (syiddah), dan kesalahan sandang ) .(الAdapun faktor penyebabnya adalah faktor kebahasaan (linguistik) itu sendiri, minat dan motivasi yang rendah dalam berbahasa, dan kurangnya pengaplikasian bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Fonologi, Keterampilan Membaca Teks Berbahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:37
Last Modified: 02 Sep 2020 05:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38706

Actions (login required)

View Item View Item