PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ARABIC 3D VISUAL BERBASIS APLIKASI GOOGLE SKETCHUP DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KELAS IV MI DI KOTA SALATIGA


Ghunim Farah Dina, 2303413056 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ARABIC 3D VISUAL BERBASIS APLIKASI GOOGLE SKETCHUP DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KELAS IV MI DI KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413056.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Membaca pada hakikatnya adalah suatu yang melibatkan tidak hanya melafalkan tulisan tetapi juga melibatkan visual. Sebagai proses visual mambaca merupakan proses menerjemahkan simbol tulis ke dalam lisan. Banyak dari siswa di berbagai wilayah mengalami kendala dalam pembelajaran membaca bahasa Arab terutama siswa SD/MI yang mana merupakan usia dimana mereka cenderung belajar pada hal-hal yang bersifat konkret. Ditambah lagi dengan minimnya penggunaan media sebagai sarana pembelajaran semakin membuat pelajaran kurang efektif. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti memberikan inovasi baru untuk membantu siswa dalam belajar keterampilan membaca bahasa Arab kelas IV, yaitu dengan media interaktif Arabic 3D Visual. Sebuah inovasi baru berupa media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk yang lebih menarik dengan tujuan untuk menambah ketertarikan siswa dalam belajar bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap media interaktif Arabic 3D Visual untuk keterampilan membaca siswa kelas IV MI di kota Salatiga, 2) Prototipe media interaktif Arabic 3D Visual untuk siswa kelas IV MI di kota Salatiga, 3) Validasi guru dan ahli terhadap prototipe media interaktif Arabic 3D Visual. Jenis penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Tujuan dari penelitian R&D ini yaitu sebagai upaya menemukan solusi atas masalah yang diangkat dalam penelitian ini. Tahapan-tahapan yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tahap satu sampai tahap lima dari sepuluh tahapan dalam R&D, yaitu validasi desain. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media pembelajaran Arabic 3D Visual untuk keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas IV MI. Penilaian validasi meliputi validasi media dan validasi materi. Pada validasi media rata-rata nilai yang diperoleh adalah 89 dengan skor nilai yang diperoleh yaitu 4, sehingga nilai tersebut termasuk dalam kategori rentang nilai 84-100 dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk penilaian validasi materi memperoleh rata-rata nilai 88, yang termasuk dalam rentang nilai 84-100 dengan skor nilai 4 yang dimana termasuk kedalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arabic 3D Visual, Keterampilan Membaca, Siswa Kelas IV
Subjects: P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:19
Last Modified: 02 Sep 2020 05:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38704

Actions (login required)

View Item View Item