PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI TEKNIK EXAMPLES NON EXAMPLES DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN SADENG 03 KOTA SEMARANG


PEBY NOKA PRASETYA , 1402408283 (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI TEKNIK EXAMPLES NON EXAMPLES DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN SADENG 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1402408283.pdf] PDF - Published Version
Download (866kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu komponen dari kemampuan berbahasa yang penting dalam kehidupan manusia. Dari hasil refelksi awal yang berlangsung di kelas IV SDN SADENG 03 Semarang diperoleh data bahwa keterampilan menulis karangan narasi masih rendah. Karena dalam pembelajaran guru dominan menggunakan metode ceramah, belum menggunakan media yang cocok serta kurangnya peran siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa 19 dari 24 siswa yang belum mencapai KKM (65). Oleh karena itu, perlu adanya upaya dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Salah satunya adalah dengan menerapkan teknik Examples Non Examples. Penerapannya mempermudah siswa dalam memahami materi dengan contoh dan non contoh. Peneliti juga menggunakan media gambar untuk memperjelas pemahaman siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa melalui teknik Examples Non Examples Dan Media Gambar di kelas IV SDN Sadeng 03 Kota Semarang? Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Sadeng 03 Kota Semarang Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sadeng 03 Semarang, sebanyak 24 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Sumber data meliputi: siswa, guru, data dokumen, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 rata-rata skor 16,6 (cukup), siklus I pertemuan 2 skor 17,75 (cukup), siklus II pertemuan 1 skor 20,83 (baik), dan pada siklus II pertemuan 2 skor 22 (baik). Keterampilan guru siklus I pertemuan 1 diperoleh skor 19 (baik), siklus I pertemuan 2 skor 22 (baik), siklus II pertemuan 1 skor 28 (baik), siklus II pertemuan 2 skor 30 (baik). Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus I pertemuan 1 sebesar 60,4 ketuntasan klasikal 41,67%, siklus I pertemuan 2 sebesar 62,91 ketuntasan klasikal 58,34% siklus II pertemuan 1 sebesar 66,04 ketuntasan klasikal 79,17%, siklus II pertemuan 2 sebesar 70,20 ketuntasan klasikal 87,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui teknik Examples Non Examples Dan Media Gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Sadeng 03 Kota Semarang. Saran untuk guru, sebaiknya menggunakan teknik pembelajaran dan media yang inovatif dalam setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Teknik Examples Non Examples, Media Gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 15:05
Last Modified: 01 Sep 2020 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38625

Actions (login required)

View Item View Item