KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KARTINI KABUPATEN BANJARNEGARA
Endang Dwiyanti , 1401416326 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS KARTINI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (752kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur terhadap hasil belajar IPS materi Peristiwa-Peristiwa Pada Masa Kolonial Belanda serta mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Kartini Banjarnegara. Berdasarkan hasil belajar, observasi dan wawancara diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS belum maksimal karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta minimnya fasilitas belajar yang ada. Penggunaan model Direct Instruction menjadikan siswa percaya bahwa guru akan menyampaikan materi yang perlu mereka ketahui, karena model tersebut pembelajaran menekankan pada proses mendengarkan tanpa melibatkan keaktifan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Kartini Kabupaten Banjarnegara dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN 3 Kutabanjarnegara sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 1 Kutabanjarnegara sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Taknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi,dan dokumentasi. Rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77,8, sedangkan dikelas kontrol sebesar 65,9. Hasil uji n-gain kelas eksperimen diperoleh 0,4611 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol yaitu 0,1967 dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung sebesar 5,8883 dan ttabel sebesar 2,0003, thitung> ttabel (5,8883>2,0003) yang artinya model pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur lebih efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi Peristiwa-Peristiwa Pada Masa Kolonial Belanda dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Kartini Kabupaten Banjarnegara
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; IPS; keefektifan; Kepala Bernomor Terstruktur |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 12:23 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 12:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38611 |
Actions (login required)
View Item |