KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA CABRI 3D BERBANTU PRESENTASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD IHSANIYAH GAJAHMADA KOTA TEGAL


Rintan Sonia , 1401416315 (2020) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA CABRI 3D BERBANTU PRESENTASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD IHSANIYAH GAJAHMADA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416315.pdf] PDF - Published Version
Download (711kB)

Abstract

Semakin pesatnya kemajuan teknologi menjadikan banyak tercipta software yang bermanfaat untuk pembelajaran matematika. Salah satu software tersebut yaitu cabri 3D. Media cabri 3D dapat menghasilkan tampilan tiga dimensi yang menarik, sehingga siswa dapat memeroleh hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian yaitu menguji keefektifan media cabri 3D berbantu presentasi terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 54 siswa terdiri dari kelas VB dan VC. Sampel penelitian yaitu semua anggota populasi. Kelas VC sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas VA SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis motivasi belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test yaitu thitung > ttabel (2,271 > 2,007), sehingga H01 ditolak. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test yaitu thitung > ttabel (2,998 > 2,007), sehingga H02 ditolak. Perhitungan uji keefektifan motivasi belajar siswa menggunakan uji one samples t test yaitu thitung > ttabel (3,408 > 1,706), sehingga H03 ditolak. Perhitungan uji keefektifan hasil belajar siswa menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (4,307 > 1,706) , sehingga H04 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media cabri 3D berbantu presentasi efektif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika kelas V SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan media cabri 3D berbantu presentasi karena terbukti efektif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika materi bangun ruang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar;Media Cabri 3D berbantu Presentasi;Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:05
Last Modified: 01 Sep 2020 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38607

Actions (login required)

View Item View Item