PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Fiandita Aghnia , 1401416213 (2020) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416213.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

IPS merupakan salah satu muatan pelajaran di SD yang bertujuan untuk membekali siswa dengan kemampuan dan pengetahuan sosial serta nilai-nilai sikap yang perlu diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Keluaran dari kegiatan belajar disebut sebagai hasil belajar. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa baik yang berasal dari internal maupun eksternal, diantaranya kecerdasan interpersonal dan perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan interpersonal dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Cipto Mangunkusumo Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 118. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi untuk hasil belajar IPS, dan kuesioner/angket tertutup dengan skala likert 4 untuk kecerdasan interpersonal dan perhatian orang tua. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasayat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, regresi ganda, koefisien determinan, dan uji F Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPS dengan perolehan nilai thitung > ttabel (3,069 > 1,981) dengan sumbangan pengaruh yang diberikan variabel kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPS sebesar 7,5%. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS dengan perolehan nilai thitung > ttabel (3,231 > 1,981), dan sumbangan pengaruh yang diberikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS sebesar 8,3%. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS, perolehan nilai Fhitung > Ftabel (7,819 > 3,075), dengan sumbangan pengaruh sebesar 12%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS. Guru diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa serta orang tua diharapkan lebih memerhatikan kegiatan belajar anak, agar mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kecerdasan Interpersonal, Perhatian Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 10:28
Last Modified: 01 Sep 2020 10:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38596

Actions (login required)

View Item View Item