KEEFEKTIFAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA DAKON TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SDN GUGUS SRIKANDI GUNUNGPATI SEMARANG


Erna Dwi Ratna Wati , 1401416057 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA DAKON TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SDN GUGUS SRIKANDI GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416057.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas III SDN Gugus Srikandi Gunungpati Semarang yaitu kecenderungan guru menerapkan model pembelajaran yang kurang inovatif dan menyenangkan bagi siswa. Model yang diterapkan oleh guru yaitu model konvensional. Permasalahan selanjutnya yaitu guru tidak menggunakan media pada saat proses pembelajaran. Adanya permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar matematika siswa kurang optimal. Berdasarkan data nilai matematika siswa kelas III menunjukan bahwa 39% siswa dapat melampui KKM, sedangkan 61% belum melampaui KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model realistic mathematics education berbantuan media dakon terhadap hasil belajar operasi hitung perkalian kelas III SDN Gugus Srikandi Gunungpati Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III dari 8 SDN Gugus Srikandi. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling atau area sampling. Sampel yang ditetapkan yaitu siswa kelas III SDN Pongangan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III SDN Cepoko sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 32,03 dan kelas kontrol meningkat sebesar 21,5. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai thitung (3,57) > ttabel (1,67) sehingga rata-rata hasil belajar operasi hitung perkalian kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar operasi hitung perkalian kelas kontrol. Selanjutnya hasil n-gain yang kelas eksperimen sebesar 0,7003 dengan kriteria tinggi dan nilai n-gain kelas kontrol sebesar 0,4205 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model realistic mathematics education berbantuan media dakon lebih efektif daripada model konvensional terhadap hasil belajar operasi hitung perkalian siswa kelas III SDN Gugus Srikandi Gunungpati Semarang. Saran dari penelitian ini yaitu menerapkan model realistic mathematics education berbantuan media dakon sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu menejemen waktu yang baik dan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: realistic mathematics education; dakon; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:19
Last Modified: 01 Sep 2020 08:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38577

Actions (login required)

View Item View Item