ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2019/2020 KELAS IV KURIKULUM 2013 TEMA 1 “INDAHNYA KEBERSAMAAN” (STUDI KASUS DI SD NEGERI SE-GUGUS WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL)
RIZKI INDRIAWATI , 1401416021 (2020) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2019/2020 KELAS IV KURIKULUM 2013 TEMA 1 “INDAHNYA KEBERSAMAAN” (STUDI KASUS DI SD NEGERI SE-GUGUS WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan berfokus pada soal-soal Penilaian Akhir Semester (PAS), karena berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa, guru pada umumnya tidak menganalisis soal secara kualitatif dan kuantitatif, karena guru menganggap bahwa soal tersebut sudah sesuai, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa soal yang diujikan kepada peserta didik memiliki kualitas soal yang baik. Rumusan masalahnya adalah “bagaimana kualitas butir soal secara kualitatif dan kuantitatif pada soal pilihan ganda dan uraian?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsi kualitas soal PAS gasal tema 1 pada kelas IV SD Negeri se-Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kombinasi dengan model sequential exploratory, Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal pilihan ganda dan uraian yang dianalisis ditinjau dari pada aspek materi dikategorikan “Tinggi”, aspek konstruksi dan bahasa dikategorikan “Sangat Tinggi”. Distribusi jenjang ranah kognitif soal pilihan ganda, terdapat 10 (25%) soal berjenjang C1, 22 (55%) soal berjenjang C2, 5 (12,5%) soal berjenjang C3, dan 3 (7,5%) soal berjenjang C4, soal uraian terdapat 6 (60%) soal berjenjang C1, 3 (30%) soal berjenjang C2, dan 1 (10%) soal berjenjang C3. Aspek validitas terdapat 10 (25%) “Signifikan” dan 30 (75%) “Tidak Signifikan”, soal uraian terdapat 2 (20%) “Sangat Signifikan”, 5 (50%) “Signifikan”, dan 3 (30%) “Tidak Signifikan”. Aspek reliabilitas soal pilihan ganda diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,54 dan uraian sebesar 0,59 dengan kriteria “korelasi cukup”. Aspek tingkat kesukaran soal pilihan ganda terdapat 10 (25%) soal “Sukar”, 21 (52,5%) “Sedang”, 3 (7,5%) soal “Mudah”, dan 6 (15%) soal “Sangat Mudah”, sedangkan soal uraian terdapat 8 (80%) soal “Sedang”, 1 (10%) soal “Mudah”, dan 1 (10%) soal “Sangat Mudah”. Aspek daya pembeda soal pilihan ganda terdapat 9 (22,5%) soal “Jelek”, 11 (27,5%) soal “Cukup”, 14 (35%) soal “Baik”, dan 6 (15%) soal “Sangat Baik”, sedangkan soal uraian terdapat 3 (30%) soal “Cukup”, 6 (60%) soal “Baik”, dan 1 (10%) soal “Sangat Baik. Aspek efektivitas pengecoh soal pilihan ganda terdapat 28 (70%) soal dikatakan efektif dan 12 (30%) soal dikatakan “Tidak Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian, analisis butir soal dapat mendeteksi kekurangan pada butir soal. Oleh karena itu, penyusun soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal. Dinas pendidikan terkait hendaknya melakukan sosialisasi penyusunan butir soal PAS untuk meningkatkan pemahaman tentang prosedur penyusunan soal yang benar, agar kualitas soal yang dibuat menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal; Pilihan Ganda; Tema 1; Uraian |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 03:30 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 03:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38570 |
Actions (login required)
View Item |