PENGARUH MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL


Winda Fitriyani , 1401416014 (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416014.pdf] PDF - Published Version
Download (703kB)

Abstract

Keberhasilan tujuan pendidikan salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya motivasi belajar dan kebiasaan belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 154 siswa dan sampel penelitian sebanyak 112 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan hasil pengumpulan data masing-masing variabel. Uji prasyarat analisis yang digunakan terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda, koefisien determinasi, dan koefisien regresi secara simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai thitung > ttabel (6,945 > 1,982) dan besar korelasi 0,552 atau sedang. Besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 30,5%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai thitung > ttabel (6,087 > 1,982) korelasi sebesar 0,502 atau pada kategori sedang dan besar pengaruh 25,2%; serta (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Fhitung > Ftabel (24,765 > 3,080) besarnya korelasi 0,559 atau kategori sedang, serta besarnya pengaruh yaitu 31,2%, dan sisanya 68,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Motivasi belajar yang tinggi dan kebiasaan belajar yang baik akan memengaruhi hasil belajar yang tinggi pula. Oleh karena itu, saran dari peneliti adalah semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya meningkatkan motivasi belajar siswa dan membiasakan siswa untuk belajar secara teratur baik di rumah maupun di sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:52
Last Modified: 01 Sep 2020 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38566

Actions (login required)

View Item View Item