Efektivitas Pembelajaran Biologi Berbasis Cooperative Integrated Reading And Composition dengan CD Pembelajaran Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Organisasi Kehidupan


Ernawati Malikhatun , 4401406054 (2011) Efektivitas Pembelajaran Biologi Berbasis Cooperative Integrated Reading And Composition dengan CD Pembelajaran Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Organisasi Kehidupan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Biologi Berbasis Cooperative Integrated Reading And Composition dengan CD Pembelajaran Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Organisasi Kehidupan]
Preview
PDF (Efektivitas Pembelajaran Biologi Berbasis Cooperative Integrated Reading And Composition dengan CD Pembelajaran Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Organisasi Kehidupan) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Pokok bahasan organisasi kehidupan memiliki materi yang banyak. Selain itu, sebagian besar materinya termasuk materi yang abstrak. Hal ini dikarenakan materi tersebut berhubungan dengan sistem organisasi di dalam tubuh yang tidak dapat diamati secara langsung, sehingga sering kali siswa sulit untuk memahaminya. Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan pembelajaran kooperatif yang menitik beratkan pada kemampuan membaca dan menulis. Siswa membaca dan memahami materi yang terdapat dalam LDS kemudian mengerjakan soal-soal secara berkelompok. Dengan model pembelajaran CIRC ini diharapkan dapat membantu siswa untuk memahami materi organisasi kehidupan. Serta dengan menggunakan Compact Disc (CD) pembelajaran diharapkan dapat mengkonkritkan hal yang abstrak sehingga siswa menjadi lebih paham tentang materi keanekaragaman sistem organisasi kehidupan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Biologi berbasis Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan media CD pembelajaran terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan di SMP. Penelitian ini menggunakan quasi-eksperimen dengan desain the one shot case study. Variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media CD pembelajaran sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83,59% siswa aktif dalam pembelajaran, serta 87,67% siswa telah melampaui KKM SMP Mater Alma Ambarawa (≥ 75% dari jumlah siswa mencapai kriteria aktif dan sangat aktif dan ≥70% siswa memperoleh nilai ≥ 62). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media CD pembelajaran pada materi organisasi kehidupan efektif terhadap meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas VII SMP Mater Alma Ambarawa tahun ajaran 2009/2010. Efektivitas tersebut ditunjukkan dengan rerata hasil belajar  62 dan ketuntasan klasikal 70%, serta ≥75% dari jumlah siswa mencapai kriteria aktif dan sangat aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), CD pembelajaran, keanekaragaman sistem organisasi kehidupan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2011 02:08
Last Modified: 25 Apr 2015 05:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3848

Actions (login required)

View Item View Item