PEMETAAN TITIK KERUSAKAN JALAN DI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA


Lulu Syofarningtyas , 3212316008 (2019) PEMETAAN TITIK KERUSAKAN JALAN DI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMETAAN TITIK KERUSAKAN JALAN DI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA] PDF (PEMETAAN TITIK KERUSAKAN JALAN DI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (985kB)

Abstract

Dengan adanya teknologi GIS ini dapat memberikan peranan penting dalam kaitannya antara informasi spasial yang berupa peta tematik, khususnya pada sistem penggambaran dan sistem analisis. GIS ini digunakan untuk melakukan pemetaan tentang kerusakan jalan di Kecamatan Rembang dan Hyperlink pada peta untuk mengetahui gambaran kerusakan jalan di Kecamatan Rembang. Sebagai sarana penghubung yang digunakan setiap saat maka kondisi jalan dari waktu kewaktu mengalami perubahan maupun penurunan fungsi yang dapat menggangu pemanfaatakan jalan sebagai trasportasi (jalan mengalami kerusakan). Sesuai dengan data DPU-PR bidang Bina Marga Kabupaten Purbalingga Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode studi dokumen. Metode observasi dilakukan untuk memperoleh data koordinat dari jalan yang mengalami kerusakan. Metode studi dokumen ini dilakukan untuk memperoleh data sekunder yang berupa data pendukung dari Kantor DPU Kabupaten Purbalingga Bidang Bina Marga. Hasil yang diperoleh dari survei dan pemetaan ini adalah peta tematik berupa peta titik kerusakan jalan, peta jaringan jalan dan peta kerusakan jalan menurut kondisi jalan. Parameter kerusakan jalan yang digunakan adalah IRI (International Roughness Index). Yang mana sesuai dengan parameter yang digunakan oleh Bidang Bina Marga. Dengan peta tematik ini dapat membantu instansi terkait untuk memperoleh data terbaru tentang kerusakan jalan, sehingga dapat melakukan evaluasi untuk mengurangi kerusakan jalan di Kecamatan Rembang. Kesimpulan dari survei dan pemetaan ini adalah peta yang menyajikan data titik kerusakan jalan yang mana untuk memperoleh titik-titik ini dilakukan dengan melakukan marking pada jalan yang mengalami kerusakan. Kemudian untuk menyajikan data peta kerusakan jalan menurut kondisi jalan data diperoleh dari Bina Marga Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Titik Kerusakan Jalan, Jaringan Jalan, Kondisi Jalan, IRI (International Roughness Index)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:25
Last Modified: 31 Aug 2020 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38476

Actions (login required)

View Item View Item