SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PEMETAAN PUSAT-PUSAT PERTUMBUHAN WILAYAH DI KABUPATEN TEMANGGUNG


Nirma Ardani , 3212316002 (2019) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PEMETAAN PUSAT-PUSAT PERTUMBUHAN WILAYAH DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PEMETAAN PUSAT-PUSAT PERTUMBUHAN WILAYAH DI KABUPATEN TEMANGGUNG] PDF (SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PEMETAAN PUSAT-PUSAT PERTUMBUHAN WILAYAH DI KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Download (606kB)

Abstract

Ketimpangan pembangunan dalam hal ketersediaan sarana prasarana publik di Kabupaten Temanggung menjadi suatu permasalahan, terutama ketimpangan pembangunan antara pusat kota dengan daerah pinggiran. Salah satu jalan keluar dalam menyelesaikan permasalahn tersebut, yaitu dengan menentukan pusat-pusat pertumbuhan.Beberapa permasalahan yang diteliti yaitu (i) Bagaimana kedudukan kecamatan-kecamatan di Kabupaten Temanggung dalam sistem pusat-pusat pertumbuhan wilayah saat ini. (ii) Bagaimana peran SIG dalam memetakan pusatpusat pertumbuhan wilayah di Kabupaten Temanggung. Metode pengumpulan data berupa : metode dokumentasi dan metode observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis skalogram dengan menggunakan 21 jenis fasilitas yang digunakan sebagai indikator. Hasil dari analisis skalogram dihasilkan empat hirarki pusat-pusat pertumbuhan di Kabupaten Temanggung.Hirarki pertama pertama yaitu Kecamatan Temanggung yang memiliki jumlah fasilitas 21 unit.Hirarki kedua yaitu Kecamatan Parakan dan Kecamatan Pringsurat. Hirarki ketiga yaitu, Kecamatan Kaloran, Kecamatan Ngadirejo, Kecamatan Kandangan, Kecamatan Kranggan dan Kecamatan Kedu. Hirarki keempat yaitu, Kecamatan Bulu, Kecamatan Selopampang, Kecamatan Tembarak, Kecamatan Jumo, Kecamatan Gemawang, Kecamatan Wonoboyo, Kecamatan Candiroto, Kecamatan Bejen, Kecamatan Tretep, Kecamatan Tlogomulyo, Kecamatan Bansari, dan Kecamatan Kledung. Terdapat perbedaan antara lokasi Pusat-Pusat Pertumbuhan hasil penelitian tahun 2019 dengan Rencana Tata Ruang Tata Wilayah Kabupaten Temanggung Tahun 2011-2031. Penggunanaan sistem informasi geografis dalam pemetaan pusat-pusat pertumbuhan di Kabupaten Temanggung tahun 2018 dapat memberikan informasi dengan mudah dimana letak-letak wilayah yang menjadi wilayah kota dan wilayah pinggiran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Pusat Pertumbuhan, Analisis Skalogram
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:52
Last Modified: 27 Aug 2020 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38378

Actions (login required)

View Item View Item