KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR TANAH DI DESA RAWAN KEKERINGAN KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN


Annisa Islammei Rahayu , 3211414004 (2019) KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR TANAH DI DESA RAWAN KEKERINGAN KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR TANAH DI DESA RAWAN KEKERINGAN KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN] PDF (KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR TANAH DI DESA RAWAN KEKERINGAN KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Download (927kB)

Abstract

Masyarakat menggunakan sumber air tanah untuk memenuhi kebutuhan air. Pada musim kemarau debit sumber air mengalami penurunan, kebutuhan air masyarakat tidak dapat terpenuhi dengan baik oleh ketersediaan air tanah. Menurut data BPBD Kabupaten Kebumen terdapat 11 desa di Kecamatan Sempor yang merupakan Desa Rawan Kekeringan. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui Kebutuhan air masyarakat di Desa Rawan Kekeringan Kecamatan Sempor, (2) Mengetahui ketersediaan air air di Desa Rawan Kekeringan Kecamatan Sempor, (3) Mengetahui dampak dan upaya masyarakat dalam menghadapi kekerigan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dimana diambil 99 KK sebagai sampel di 11 desa rawan kekeringan secara proporsional. Alat dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner, wawancara, dan observasi lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan air domestik Desa Rawan Kekeringan Kecamatan Sempor adalah 1.037.094 liter/hari. Terdapat 19 sumur dan 29 mata air yang tersebar di 11 Desa Rawan kekeringan Kecamatan Sempor yang digunakan oleh masyarakat sebagai sumber air. Pada musim kemarau debit sumber air masyarakat menurun yang mengakibatkan terjadinya kekeringan. Upaya yang dilakukan masyarakat dalam menghadapi kekeringan adalah dengan menunggu air dari sumber, mencari sumber air cadangan, menumpang, dan mengandalkan bantuan dari pemerintah. Saran dari penelitian ini adalah penggunaan air harus dibatasi dan disesuaikan dengan kebutuhan air. Koordinasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi masalah kekeringan yang terjadi harus terus ditingkatkan, agar usaha yang telah dilakukan dapat sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Air, Ketersediaan Air, Kekeringan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:05
Last Modified: 27 Aug 2020 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38371

Actions (login required)

View Item View Item