IMPLEMENTASI PASAL 5 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2004 TENTANG YAYASAN PADA LEMBAGA YAYASAN (STUDI DI YAYASAN IMAM GHOZALI KOTA SALATIGA)


Donny Raharjo , 8111411006 (2018) IMPLEMENTASI PASAL 5 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2004 TENTANG YAYASAN PADA LEMBAGA YAYASAN (STUDI DI YAYASAN IMAM GHOZALI KOTA SALATIGA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111411006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Yayasan mempunyai organ yang terdiri atas Pembina, Pengurus, dan Pengawas. Pengelolaan kekayaan dan pelaksanaan kegiatan yayasan dilakukan sepenuhnya oleh Pengurus. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana implementasi Pasal 5 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Yayasan pada Yayasan Imam Ghozali Kota Salatiga? (2) Apa akibat hukum apabila ada organ yayasan yang menerima honorarium yang bersumber dari kekayaan yayasan pada Yayasan Imam Ghozali Kota Salatiga? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis. Dengan teknik pengumpulan data yaitu : wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data didapatkan dari Yayasan Imam Ghozali Kota Salatiga. Simpulan hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah (1) Implementasi Pasal 5 (1) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Yayasan pada Yayasan Iman Ghozali Kota Salatiga, Yayasan Imam Ghozali mempunyai kekayaan awal sebesar Rp. 10.000.000,- sesuai dengan Peraturan Pemerintah tentang Yayasan. Dana tersebut berasal dari uang pribadi pendiri yayasan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yayasan seperti infrastrukturinfrastruktur agar yayasan dapat digunakan dengan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar karena yayasan Imam Ghozali bergerak dibidang sosial pendidikan. Yayasan juga mendapatkan dana dari donatur-donatur untuk pengelolaan yayasan. (2) Akibat Hukum apabila ada organ Yayasan yang menerima honorarium yang bersumber dari kekayaan Yayasan pada Yayasan Imam Ghozali Kota Salatiga, Organ Yayasan Imam Ghozali sudah mempunyai kesepakatan secara lisan sebelum Yayasan berdiri yaitu organ Yayasan tidak mendapat gaji kecuali untuk tenaga pengajar yang mendapatkan gaji untuk biaya transport mengurus administrasi Kantor Dinas Pendidikan, pertemuan organisasi dan lainnya. Semua organ yayasan wajib menyetujui kesepakatan tersebut. Saran Penelitian ini (1) agar Organ yayasan sebaiknya lebih mengetahui tentang peraturan – peraturan yang mengatur tentang yayasan, (2) serta kemenkumham lebih disiplin lagi terkait pengawasan kepada yayasan agar yayasan tidak melanggar peraturan perundang – undangan khususnya Pasal 5 Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Yayasan. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pasal 5 Ayat 1, Yayasan
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 14:53
Last Modified: 12 Aug 2020 15:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38189

Actions (login required)

View Item View Item