PENGARUH GREEN PRODUCT DAN CITRA MEREK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI PERCEIVED QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Maulana Wildan El-Kamal Haq , 7311414198 (2018) PENGARUH GREEN PRODUCT DAN CITRA MEREK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI PERCEIVED QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414198.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keputusan pembelian merupakan proses dimana konsumen melakukan penilaian terhadap berbagai alternatif, dan pilihan salah satu alternatif sesuai kebutuhan berdasarkan pertimbangan tertentu. Perceived quality merupakan penilaian konsumen tentang keunggulan suatu produk. Green product merupakan suatu produk yang dirancang dan diproses dengan suatu cara untuk mengurangi efek-efek yang dapat mencemari lingkungan. Citra merek merupakan suatu gambaran atau kesan tentang suatu merek yang muncul dalam benak konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Green product dan Citra merek pada keputusan pembelian melalui perceived quality. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang pernah melakukan pembelian produk pada dealer Nippon Paint Salatiga .Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non probability Sampling yaitu teknik insidental sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis jalur. Analisis data menggunakan software SPSS for Windows versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green product dan citra merek berpengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa green product dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan pada perceived quality. Selanjutnya penelitian ini menemukan bahwa perceived quality memediasi hubungan green product dan citra merek pada keputusan pembelian. Nippon Paint seharusnya lebih memahami kebutuhan konsumen agar persepsi konsumen terhadap kualitas produk sesuai dengan yang diharapkan dan meningkatkan produk yang dapat bertahan lama sehingga konsumen tidak ragu dalam memutuskan untuk membeli produk Nippon Paint dan memiliki keinginan untuk berpindah ke produk perusahaan lain mengingat indikator tidak akan bertahan lama memiliki rata-rata terendah dibandingkan indikator perceived quality lain. viii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Green Product, Citra Merek, Perceived Quality, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 12:33
Last Modified: 12 Aug 2020 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38172

Actions (login required)

View Item View Item