PENGARUH GAYA HIDUP DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIANPADA SISWA SMA NEGERI WONOSOBO


Kusumo Endah Pinasti , 7311414160 (2018) PENGARUH GAYA HIDUP DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIANPADA SISWA SMA NEGERI WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414160.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Gaya hidup serta media sosial mendorong siswa untuk melakukan tindakan nyata. Tanpa adanya pola gaya hidup serta penggunaan media sosial maka siswa tidak akan malakukan keputusan pembelian suatu barang yang berdampak pada loyalitas konsumen. Perilaku konsumtif seseorang terbentuk sejak usia remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung gaya hidup dan media sosial terhadap loyalitas konsumen dengan menggunakan variabel keputusan pembelian sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Wonosobo angkatan 2017/2018 yang jumlahnya diketahui dengan pasti sehingga perhitungan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian meliputi gaya hidup, media sosial, keputusan pembelian, dan loyalitas konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi serta analisis data mengguakan path analysis dengan program IBM SPSS23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup dan media sosial berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan untuk path analysis diperoleh hasil bahwa gaya hidup dan media sosial memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini yaitu gaya hidup dan media sosial memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudian hasil uji analisis jalur menunjukkan keputusan pembelian mampu menjadi variabel intervening antara pengaruh gaya hidup dan media sosial terhadap loyalitas konsumen. Saran untuk siswa adalah pentingnya untuk mempertahankan gaya hidup yang ideal serta rasional dengan memperhatikan prioritas kebutuhan dan tidak mudah terpengaruh dengan tren serta harga diskon yang ditawarkan oleh suatu produk. Bagi peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk dapat menambahkan variabel atau indikator baru supaya memperkaya model maupun menjawab permasalahan-permasalahan dan keterbatasan yang terjadi pada penelitian ini. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Media Sosial, Keputusan Pembelian, Loyalitas Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:08
Last Modified: 12 Aug 2020 11:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38152

Actions (login required)

View Item View Item