OPTIMASI PERTUMBUHAN PLANTLET Chrysanthemum indicum L. SECARA IN VITRO MELALUI PENINGKATAN LUAS PERMEABILITAS TUTUP BOTOL KULTUR DAN PENURUNAN KONSENTRASI SUKROSA


Nunik Triyastuti, 4411411017 (2018) OPTIMASI PERTUMBUHAN PLANTLET Chrysanthemum indicum L. SECARA IN VITRO MELALUI PENINGKATAN LUAS PERMEABILITAS TUTUP BOTOL KULTUR DAN PENURUNAN KONSENTRASI SUKROSA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4411411017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Krisan (Chrysanthemum indicum L.) adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki potensi ekonomi tinggi. Sebagian besar bibit krisan berasal dari luar negeri. Untuk mengurangi ketergantungan bibit krisan dari luar negeri diperlukan teknik perbanyakan yang efisien, antara lain dengan kultur in vitro. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan luas permeabilitas tutup botol kultur dan konsentrasi sukrosa yang optimal dalam medium kultur terhadap pertumbuhan plantlet krisan. Peningkatan luas permeabilitas tutup dilakukan dengan pembuatan lubang seluas 0.2 cm2 pada tutup botol kultur yang kemudian dilapisi dengan membran mikropori berukuran 0.5 μm. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap faktorial dengan dua faktor, yaitu luas permeabilitas (0 cm2, 0.2 cm2, 0.4 cm2 dan 0.6 cm2) dan konsentrasi sukrosa (0 g/l, 10 g/l, 20 g/l dan 30 g/l) dalam media Murashige and Skoog (MS). Parameter yang diamati ialah waktu munculnya tunas, jumlah dan tinggi tunas, jumlah dan luas daun, serta jumlah dan panjang akar. Data dianalisis dengan Anava dua arah dan Duncan’s Multiple Range Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa luas permeabilitas tutup botol kultur, konsentrasi sukrosa dan interaksinya berpengaruh terhadap pertumbuhan plantlet Chrysanthemum indicum L. Luas permeabilitas tutup botol kultur, konsentrasi sukrosa dan interaksinya mempercepat waktu munculnya tunas krisan. Konsentrasi sukrosa meningkatkan tinggi tunas, jumlah daun dan luas daun plantlet. Medium MS yang mengandung sukrosa 20 g/l dengan semua taraf permeabilitas dapat mengoptimalkan pertumbuhan plantlet krisan. Perlakuan tersebut menghasilkan tunas tertinggi, daun terluas, dan mampu mendorong munculnya tunas yang lebih cepat. Berdasarkan hasil tersebut disarankan menumbuhkan krisan secara in vitro dalam media MS mengandung sukrosa 20 g/l dengan atau tanpa peningkatan permeabilitas tutup botol kultur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi sukrosa, kultur in vitro, luas permeabilitas, pertumbuhan plantlet Chrysanthemum indicum L.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 11 Aug 2020 16:08
Last Modified: 11 Aug 2020 16:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38090

Actions (login required)

View Item View Item