MODEL PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM KOPI DI KABUPATEN TEMANGGUNG
Islakhudin , 7311414127 (2018) MODEL PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM KOPI DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pengusaha dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan strategi pemasaran yang inovatif agar dapat bersaing dengan pesaingnya serta harus dapat memahami kondisi pasar yang sedang terjadi dan mengetahui kebutuhan pelanggan untuk dapat menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, inovasi produk dan kinerja pemasaran dalam menciptakan Keunggulan Bersaing. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 256 UMKM Kopi di Kabupaten Temanggung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability sampling dengan jenis Purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi orientasi pasar, inovasi produk, kinerja pemasaran dan Keunggulan Bersaing. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden diperoleh dengan menggunakan rumus penentuan sampel pada analisis SEM. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar mempengaruhi inovasi produk, orientasi pasar mempengaruhi kinerja pemasaran, inovasi produk mempengaruhi kinerja pemasaran, inovasi produk mempengaruhi Keunggulan Bersaing dan kinerja pemasaran mempengaruhi Keunggulan Bersaing, akan tetapi orientasi pasar tidak mempengaruhi Keunggulan Bersaing. Simpulan yang diperoleh adalah semakin tinggi perusahaan menerapkan inovasi produk dan kinerja pemasaran akan meningkatkan Keunggulan Bersaing, namun semakin tinggi orientasi pasar yang diterapkan perusahaan belum tentu meningkatkan Keunggulan Bersaing. Faktor yang berpengaruh paling besar pada Keunggulan Bersaing adalah inovasi produk. Perusahaan yang melakukan inovasi produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan akan dapat meningkatkan kinerja pemasaran sehingga menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Hal ini berarti inovasi produk dan kinerja pemasaran yang diterapkan pengusaha UMKM Kopi di Kabupaten Temanggung sudah baik. Tetapi orientasi pasar yang diterapkan kurang baik. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji variabel lain yang dapat menciptakan Keunggulan Bersaing. Edited
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, Keunggulan Bersaing |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 15:04 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 15:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38086 |
Actions (login required)
View Item |