PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI STRATEGI BERSAING DAN KAPABILITAS PEMASARAN PADA INDUSTRI KASUR KAPUK DI KABUPATEN PATI
Dewi Wahyu Yanuarti , 7311414122 (2018) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI STRATEGI BERSAING DAN KAPABILITAS PEMASARAN PADA INDUSTRI KASUR KAPUK DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Industri Kasur Kapuk merupakan salah satu industri yang dikembangkan di Kabupaten Pati. Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, Industri Kasur Kapuk perlu mengembangkan beberapa strategi yang baru untuk mempertahankan perusahaan akibat pangsa pasar yang semakin menurun. Mengembangkan strategi bersaing yang berorientasi kewirausahaan perlu diterapkan di Industri Kasur Kapuk Kabupaten Pati untuk meningkatkan kapabilitas pemasaran produk dan juga kinerja pemasaran perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui strategi bersaing dan kapabilitas pemasaran pada Industri Kasur Kapuk di Kabupaten Pati. Populasi penelitian ini adalah para pelaku Industri Kasur Kapuk Kabupaten Pati yang berjumlah 157 pelaku usaha. Sedangkan sampel yang ditentukan adalah sebesar 130 responden dengan teknik pengambilan sampel dalam SEM. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Dimana kuesioner bersifat tertutup dan jawaban menggunakan skala Likert sebagai skala pengukurannya. Sedangkan, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Structural Equation Modeling (SEM). Dari penelitian ini, ditemukan hasil yang menyatakan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, strategi bersaing berpengaruh terhadap kapabilitas pemasaran, strategi bersaing berhasil memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran, dan kapabilitas pemasaran berhasil memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa IKM Kasur Kapuk Kabupaten Pati dapat meningkatkan orientasi kewirausahaan, strategi bersaing, dan kapabilitas pemasaran untuk mencapai kinerja pemasaran yang diharapkan perusahaan. Selain itu orientasi kewirausahaan dan strategi bersaing yang diterapkan IKM Kasur Kapuk sudah cukup baik, sehingga diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengkaji dengan variabel lain agar IKM Kasur Kapuk Kabupaten Pati dapat menemukan strategi pemasaran lain untuk lebih meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan. Edited
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IKM, kapabilitas pemasaran, kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan, strategi bersaing |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 14:20 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 14:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38080 |
Actions (login required)
View Item |