PENGARUH SATISFACTION, VARIETY SEEKING, DAN ALTERNATIVE ATTRACTIVENESS TERHADAP SWITCHING BEHAVIOR MELALUI SWITCHING INTENTIONS


Kundi Hartono , 7311414117 (2018) PENGARUH SATISFACTION, VARIETY SEEKING, DAN ALTERNATIVE ATTRACTIVENESS TERHADAP SWITCHING BEHAVIOR MELALUI SWITCHING INTENTIONS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311414117.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh satisfaction, variety seeking, dan alternative attractiveness terhadap switching behaviour serta membuktikan peran mediasi dari variabel switching intentions. Perilaku perpindahan konsumen merupakan bentuk ketidakloyalan dari konsumen terhadap suatu jasa atau produk. Peran switching intentions dipengaruhi oleh satisfaction, variety seeking, dan alternative attractiveness yang merupakan faktor untuk menciptakan switching behaviour. Tanpa adanya kepuasan dan daya tarik pesaing maka pengunjung tidak akan melakukan perpindahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Cafe Sisemoet Ungaran. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah 115 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis dengan variabel penelitian meliputi satisfaction, variety seeking, alternative attractiveness, switching intentions dan switching behaviour. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satisfaction berpengaruh negatif dan signifikan terhadap switching behaviour. Sedangkan variabel variety seeking, dan alternative attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap switching behaviour. Hasil uji analisis jalur diperoleh hasil bahwa switching intentions mampu memediasi hubungan antara satisfaction, variety seeking dan alternative attractiveness terhadap switching behavior. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa satisfaction berpengaruh negatif dan signifikan terhadap switching behaviour, sedangkan variety seeking, dan alternative attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap switching behaviour. Saran untuk perusahaan agar menambah kepuasan terhadap pengunjung. Bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti perpindahan jasa atau produk lain serta dapat menambahkan variable dan/ atau indikator baru untuk memperkaya model maupun menjawab permasalahan dan keterbatasan yang terjadi pada penelitian ini. Edited

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Satisfaction, Variety Seeking, Alternative Attractiveness, Switching Intentions, Switching Behaviour
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:04
Last Modified: 11 Aug 2020 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38070

Actions (login required)

View Item View Item