PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP RUANG KOMUNAL SEBAGAI TEMPAT INTERAKSI SOSIAL (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES)


Heru Santoso , 5101402040 (2009) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP RUANG KOMUNAL SEBAGAI TEMPAT INTERAKSI SOSIAL (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP RUANG KOMUNAL SEBAGAI TEMPAT INTERAKSI SOSIAL (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES)]
Preview
PDF (PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP RUANG KOMUNAL SEBAGAI TEMPAT INTERAKSI SOSIAL (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES)) - Published Version
Download (874kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) menjelaskan bagaimana cara pandang persepsi mahasiswa terhadap ruang komunal yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP); (2) menjelaskan bagaimana aktivitas mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) terhadap ruang komunal yang ada; (3) menjelaskan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tidak ada kriteria baku mengenai berapa jumlah responden yang harus diwawancarai, sebagai aturan umum, peneliti berhenti melakukan wawancara sampai data menjadi jenuh, artinya peneliti tidak menemukan aspek baru dalam fenomena yang diteliti. Setelah data terkumpul, data tersebut disusun, dianalisis dan disimpulkan kemudian disajikan dalam bentuk laporan. Keabsahan data dalam penelitian ini diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan memperpanjang keikutsertaan peneliti pada objek penelitian. Teknik triangulasi sumber meliputi: 1) membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara; 2) membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan; 3) membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang (mahasiswa). Populasi penelitian ini adalah pelaku, sebagai subjek dalam penelitian adalah ruang di Fakultas Ilmu Pendidikan yang berupa selasar, teras Mushola dan taman. Informan adalah sumber data yang berupa orang. Di dialam penelitian ini informan yang dimaksud kadang juga bertindak sebagai responden. Hasil penelitian diperoleh, persepsi mahasiswa terhadap ruang komunal di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang mereka merasa sangat nyaman dan baik. Karena mayoritas mahasiswa memanfaatkan ruang komunal untuk saling berinteraksi dengan teman-temannya. Ruang komunal yang sering dipakai adalah taman walaupun sebagian ada yang menggunakan mushola maupun selasar. Karena taman yang tersedia disamping tempatnya nyaman dan sejuk, kondisi taman yang luas menjadikan mahasiswa leluasa dalam berinteraksi. Penyediaan ruang komunal yang sejuk dengan pohon-pohon yang rindang serta pandangan luas menjadikan ruang komunal sebagai salah satu alternatif mahasiswa. Aktivitas mahasiswa di ruang komunal rata-rata digunakan untuk mengisi waktu luang ketika terjadi jeda kuliah, disamping untuk beraktivitas yang berhubungan dengan pembelajaran seperti berdisikusi dengan teman-teman untuk viii memecahkan suatu masalah. Interaksi sosial yang terjadi pada mahasiswa Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Semarang sangat beragam. Mereka memanfaatkan ruang komunal sebagai salah satu tempat untuk berinteraksi. Interaksi para mahasiswa terjadi antara tiga sampai lima mahasiswa dalam setiap kelompok. Waktu yang digunakan untuk interaksi sangat beragam tergantung dengan waktu yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Ruang komunal, Aktivitas, Interaksi sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 05:12
Last Modified: 25 Apr 2015 05:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item View Item