PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH QOSIM AL-HADI MIJEN TAHUN AJARAN 2018/2019


Aprilia Alin Kusumawardani , 3201413026 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH QOSIM AL-HADI MIJEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH QOSIM AL-HADI MIJEN TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH QOSIM AL-HADI MIJEN TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses kegiatan belajar dan mengajar disekolah, oleh sebab itu perlu digunakan melalui prosedur kerja yang benar. Permasalahan di dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi android materi Geografi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan untuk siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Qosim Al-Hadi Mijen Tahun Ajaran 2018/2019?, (2) Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis program aplikasi Android dalam pembelajaran geografi di kelas X IPS Madrasah Aliyah Qosim Al-Hadi Mijen Tahun Ajaran 2018/2019 terhadap hasil belajar siswa? Lokasi penelitian ini adalah di Madrasah Aliyah Qosim Al-Hadi Mijen yang berada di Kota Semarang. Populasi yaitu semua siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Qosim Al-Hadi Mijen tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total dengan dasar pertimbangannya adalah jumlah populasi yang relatif kecil. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas X IPS Madrasah Aliyah Qosim Al-Hadi mijen yang berjumlah 32 siswa. Variabel (1) Uji kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi android materi Geografi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan untuk siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Qosim Al-Hadi Mijen Tahun Ajaran 2018/2019 oleh ahli media dan ahli materi, (2) Hasil belajar siswa dengan media pembelajaran berbasis program aplikasi Android dalam pembelajaran geografi materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan di kelas X Madrasah Aliyah Qosim Al-Hadi Mijen Tahun Ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: (1) Kuesioner, (2) Observasi, (3) Tes, dan (4) Dokumentasi. Hasil penelitian, kemampuan kognitif siswa pada saat post-test lebih baik daripada saat pre-test dan mengalami peningkatan dari kondisi awal sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Peningkatan rata-rata hasil belajar kelas X IPS mencapai 54,3% merupakan peningkatan yang relatif lebih besar dari rata-rata nilai awal. Saran yang dapat diberikan, yaitu sangat diperlukan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang mendukung dalam proses pembelajaran geografi untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berbasis aplikasi android, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Aug 2020 14:22
Last Modified: 10 Aug 2020 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38052

Actions (login required)

View Item View Item