EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI KELAS VIII SMP NEGERI 37 SEMARANG


Atikha Mustafa Dewi , 3201412054 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI KELAS VIII SMP NEGERI 37 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI KELAS VIII SMP NEGERI 37 SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI KELAS VIII SMP NEGERI 37 SEMARANG) - Published Version
Download (766kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi (hubungan timbal balik) yang terjadi antara guru dengan siswa atau pembelajar beserta unsur-unsur yang ada didalamnya. Pentingnya pembelajaran geografi yaitu untuk mengembangkan pengetahuan sumber daya alam, peluang, dan keterbatasannya untuk dimanfaatkan, mengembangkan keterampilan mengamati lingkungan fisik, lingkungan sosial, dan lingkungan binaan, menumbuhkan kesadaran terhadap perubahan fenomena geografi yang terjadi di lingkungan sekitar pembelajaran geografi dapat menjadi pembelajaran yang sangat menarik dan menyenangkan apabila guru dapat menyampaikan materi sesuai langkah pembelajaran yang tepat. Penerapan model pembelajaran Talking Stick diharapkan siswa lebih termotivasi untuk mempelajari materi geografi supaya hasil belajar yang dihasilkan lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental.Lokasi penelitian ini berada di SMP Negeri 37 Semarang.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE dan VIII F SMP Negeri 37 Semarang tahun ajaran 2016/2017.Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pelaksanaan penelitian ini.Teknik pengumpulan data menggunakan test pretest, posttest dan dokumentasi.Hasil belajar yang diteliti hanya terbatas pada ranah kognitif yang dinyatakan dalam bentuk angka.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat memenuhi ketuntasanklasikal siswa dalam menyelesaikan soal pilihan ganda, rata-rata nilai siswa menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Hasil belajar kelas eksperimen lebih efektif daripada kelas kontrol, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 86,4 dengan persentase ketuntasan 96,7% lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70,4 dengan persentase ketuntasan 75%. Saran, guru diharapkan mampu melaksanakan model pembelajaran Talking Stick sebagai alternatif metode pembelajaran yang inovatif atau bervariasi agar pembelajaran tidak monoton dan membosankan, sehingga siswa termotivasi untuk mengembangkan kemampuannya dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif, Talking Stick, Hasil Belajar, Pendidikan, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Aug 2020 13:17
Last Modified: 10 Aug 2020 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38045

Actions (login required)

View Item View Item