PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR SOESELO KABUPATEN TEGAL DENGAN METODE BALANCED SCORECARD
Rina Anggi Lestari , 7311414076 (2018) PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR SOESELO KABUPATEN TEGAL DENGAN METODE BALANCED SCORECARD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pengukuran kinerja merupakan faktor penting bagi suatu perusahaan untuk mengetahui seberapa baik kinerja perusahaan selama periode waktu tertentu. Pengukuran kinerja yang baik adalah pengukuran kinerja yang memperlihatkan karakteristik dari berbagai aspek saling berkaitan, valid, reliabel, serta mudah dipahami. Sistem pengukuran kinerja konvensional dianggap kurang tepat untuk mengukur kinerja rumah sakit, karena sifat output yang dihasilkan rumah sakit lebih banyak bersifat intangible output. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pengukuran kinerja yang lebih komprehensif yaitu sistem pengukuran kinerja Balanced Scorecard. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja manajemen dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang terdiri atas empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Fokus dan lokus dalam penelitian ini adalah pengukuran kinerja manajemen RSUD Dr. Soeselo Kabupaten Tegal dengan metode Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja manajemen RSUD Dr. Soeselo Kabupaten Tegal pada perspektif keuangan dilihat dari rasio ekonomis, rasio efisiensi, dan rasio efektivitas menunjukkan kinerja dengan kriteria baik. Kinerja perspektif pelanggan dilihat dari retensi pelanggan, akuisisi pelanggan, kepuasan pelanggan, dan profitabilitas pelanggan menunjukkan kinerja dengan kriteria baik. Kinerja perspektif proses bisnis internal dilihat dari proses inovasi dan proses operasi menunjukkan kinerja dengan kriteria baik. Kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dilihat dari kepuasan karyawan, retensi karyawan, produktivitas karyawan, dan tingkat pelatihan karyawan menunjukkan kinerja dengan kriteria kurang baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah kinerja RSUD Dr. Soeselo Kabupaten Tegal dikategorikan cukup dengan menggunakan metode pengukuran kinerja Balanced Scorecard. Saran dalam penelitian ini adalah RSUD Dr. Soeselo Kabupaten Tegal perlu meningkatkan motivasi dan pelatihan pada karyawan, sehingga akan meningkatkan loyalitas karyawan yang diikuti dengan kinerja pelayanan terhadap pasien. Hal tersebut akan memberikan kontribusi untuk meningkatkan kepuasan pasien dan meningkatkan pendapatan rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Rumah Sakit |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 09 Aug 2020 22:52 |
Last Modified: | 09 Aug 2020 22:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38040 |
Actions (login required)
View Item |