PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI SISTEM EKSKRESI
Farafika Rizqi Amaliah, 4401413033 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI SISTEM EKSKRESI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Materi sistem ekskresi manusia merupakan materi yang abstrak dan objek yang dipelajari tidak dapat dihadirkan dalam kelas dan diamati secara langsung, sehingga multimedia diperlukan untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) materi sistem ekskresi dan menganalisis kelayakan serta mengkaji keterterapan multimedia interaktif yang dikembangkan sebagai media pembelajaran sistem ekskresi di SMP Negeri 1 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian ini yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala besar, revisi produk dan produk final. Data yang didapatkan dari penelitian ini adalah data penelitian awal pembelajaran materi sistem ekskresi, kelayakan multimedia (penilaian ahli dan uji skala kecil) dan keterterapan multimedia (uji skala besar : hasil belajar, aktivitas siswa dan tanggapan keterterapan). Hasil identifikasi potensi dan masalah serta pengumpulan data menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis PBL materi sistem ekskresi perlu dikembangkan. Hasil validasi desain produk multimedia interaktif menunjukkan persentase penilaian oleh ahli materi dan media sebesar 88,6% (sangat layak) dan 80,9% (layak). Hasil uji keterbacaan multimedia interaktif oleh siswa dan guru mendapatkan persentase 97,58% dan 90,91% (sangat layak). Hasil belajar siswa berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan KKM sebesar 86,1% dengan perolehan rata-rata N-gain sebesar 0,76 (tinggi). Hasil analisis aktivitas siswa menunjukkan bahwa siswa kelas VIII C cukup aktif dalam pembelajaran. Tanggapan guru dan siswa terhadap keterterapan multimedia interaktif dalam pembelajaran sistem ekskresi adalah sangat baik. Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis PBL materi sistem ekskresi yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran materi sistem ekskresi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, namun kurang mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, Problem Based Learning (PBL), sistem ekskresi |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 11:28 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 11:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38031 |
Actions (login required)
View Item |