PEMBELAJARAN SISTEM SIRKULASI PADA MANUSIA DI SMA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERDASARKAN ISU SEHARI-HARI
Galih Puja Kusuma, 4401411113 (2018) PEMBELAJARAN SISTEM SIRKULASI PADA MANUSIA DI SMA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERDASARKAN ISU SEHARI-HARI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penggunaan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem sirkulasi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Rancangan penelitian ini menggunakan bentuk one shot case study. Subjek penelitian yang digunakan yaitu empat kelas yang terdiri dari masing-masing dua kelas XI IPA di SMA Pondok Modern Selamat Kendal dan SMA Negeri 2 Kendal dengan total sampel sebanyak 135 siswa. Penentuan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Hasil uji N-Gain hasil kemampuan pemecahan masalah secara klasikal sebesar 0,4775 termasuk ke dalam kategori sedang, dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,33 %. Hasil uji N-Gain hasil belajar kognitif secara klasikal sebesar 0,56 termasuk ke dalam kategori sedang, dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,15 %. Hal ini didukung dengan model pembelajaran PBL pada materi sistem sirkulasi manusia yang memberikan dampak positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) PBL efektif terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah yang meliputi tiga indikator, yaitu identifikasi masalah, merumuskan masalah dan merumuskan solusi, (2) PBL efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem sirkulasi manusia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 11:15 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 11:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38020 |
Actions (login required)
View Item |