PENGARUH PENGUMUMAN PENERBITAN SUKUK SERTA KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI PASAR
Titi Asih Winarti, 7311414037 (2018) PENGARUH PENGUMUMAN PENERBITAN SUKUK SERTA KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI PASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengumuman penerbitan sukuk merupakan informasi yang dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan investasi. Jika investor saham benar-benar memanfaatkan informasi pengumuman sukuk, maka akan berdampak pada perubahan harga saham dan dikatakan terjadi reaksi pasar. Karakteristik perusahaan juga merupakan faktor yang memengaruhi reaksi pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pengumuman penerbitan sukuk dan karakteristik perusahaan terhadap reaksi pasar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah perusahaan yang menerbitkan sukuk dan listing di BEI periode 2009-2017. Sampel berdasarkan metode purposive sampling ada 30 peristiwa penerbitan sukuk. Penelitian ini merupakan event study dengan periode jendela selama 21 hari. Abnormal return dihitung menggunakan metode market adjusted model. Reaksi pasar diukur dengan menggunakan CAAR. Data harga penutupan saham harian dan IHSG dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji paired samples test dengan program SPSS 23. Penelitian ini juga dilakukan untuk menguji penguruh size, leverage, dan book to market ratio terhadap abnormal return. Data yang digunakan adalah laporan keuangan triwulan. Pendekatan yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program Eviews 9. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan sukuk. Secara parsial variabel book to market ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap abnormal return., sedangkan size dan leverage tidak berpengaruh terhadap abnormal return. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan reaksi pasar sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan sukuk. Reaksi pasar tidak hanya dipengaruhi informasi tertentu saja. Book to market ratio juga memengaruhi reaksi pasar. Dalam mengambil keputusan investasi, seorang investor harus peka terhadap informasi maupun karakteristik perusahaan yang dapat memengaruhi reaksi pasar. Edited
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengumuman penerbitan sukuk, size, leverage, book to market ratio, reaksi pasar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 09 Aug 2020 13:29 |
Last Modified: | 09 Aug 2020 13:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37975 |
Actions (login required)
View Item |