PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MINAT BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Obyek Wisata Pulau Panjang Kabupaten Jepara)
Muhammad Zaenal Ariyanto, 7311413176 (2020) PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MINAT BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Obyek Wisata Pulau Panjang Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Electronic word of mouth diyakini menjadi faktor yang dapat mempengaruhi minat serta keputusan berkunjung seseorang. Citra destinasi juga merupakan faktor penentu calon wisatawan mengunjungi suatu destinasi. Penelitian terdahulu mengenai pengaruh electronic word of mouth dan citra destinasi terhadap minat berkunjung serta dampaknya pada keputusan berkunjung menunjukkan hasil yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung serta membuktikan pengaruh minat berkunjung sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan obyek wisata Pulau Panjang Kabupaten Jepara. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 130. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan variabel penelitian meliputi electronic word of mouth, citra destinasi, keputusan berkunjung, minat berkunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Namun, electronic word of mouth berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan untuk pengujian pengaruh mediasi diperoleh hasil bahwa minat berkunjung memediasi hubungan antara electronic word of mouth dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, sedangkan electronic word of mouth berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung. Minat berkunjung memiliki peran sebagai variabel intervening antara electronic word of mouth dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung. Saran bagi pengelola agar bekerja sama dengan pegiat wisata di media sosial sehingga informasi terpercaya dapat mudah ditemui wisatawan yang berminat mengunjungi obyek wisata Pulau Panjang Jepara. Bagi peneliti selanjutnya dapat menganalisis lebih spesifik terkait media yang digunakan dari variabel electronic word of mouth.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Destinasi, Electronic Word-of-Mouth, Keputusan Berkunjung, Minat Berkunjung |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 21:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 21:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37936 |
Actions (login required)
View Item |