ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN EFFECTIVE TAX RATE TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pascakrisis Global Tahun 2008)


Annisa Lufi Ningtiyas, 7211414190 (2020) ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN EFFECTIVE TAX RATE TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pascakrisis Global Tahun 2008). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414189.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perolehan modal mengakibatkan timbulnya biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan. Biaya ini merupakan bentuk pengembalian perusahaan kepada pihak pemberi modal yakni kreditur dan investor. Biaya inilah yang disebut dengan biaya modal. Besar biaya modal harus diperhatikan oleh perusahaan agar tidak melebihi batas estimasi yang telah ditentukan. Dengan kata lain, perusahaan perlu memperhatikan struktur modalnya untuk meminimalisir biaya modal yang ditimbulkan. Meski demikian, Asian Development Bank and Korea Capital Market Institute justru menemukan bahwa Indonesia menanggung biaya ekuitas tertinggi di ASEAN dan tiga negara lainnya ( Korea, Jepang, dan Republik Rakyat Tiongkok) serta memiliki kinerja obligasi yang buruk pada tahun 2000 hingga 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profitabilitas mampu memengaruhi struktur modal perusahaan dan apakah tinggi rendahnya effective tax rate menjadi pertimbangan keputusan struktur modal. Sementara itu, peneliti juga menghadirkan variabel moderating yakni konservatisme akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang listing di Bursa efek Indonesia lima tahun terakhir pascakrisis global tahun 2008 yakni tahun 2009-2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 67 perusahaan dengan 201 unit analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan software SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Effective tax rate berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap struktur modal. Konservatisme akuntansi merupakan jenis moderator semu dan memiliki pengaruh yang positif serta signifikan terhadap struktur modal. Di samping itu, konservatisme akuntansi hanya memoderasi pengaruh effective tax rate terhadap struktur modal. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan diharapkan mengoptimalkan penggunaan aset dan meningkatkan praktik konservatisme akuntansi akuntansi. Pihak regulator seyogyanya memperbarui peraturan perpajakan untuk mengurangi praktik manajemen pajak.Peneliti selanjutnya, diharapkan menambah pengukuran untuk setiap variabel, membandingkan dengan kondisi pra-krisis dan mengerucutkan ke dalam sektor-sektor perusahaan untuk menemukan hasil yang lebih komprehensif dan spesifik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Effective Tax Rate;Konservatisme Akuntansi;Profitabilitas, Struktur Modal
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:07
Last Modified: 07 Aug 2020 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37893

Actions (login required)

View Item View Item