PENERAPAN KUMON METHOD PADA POKOK BAHASAN GERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAN DEMAK TAHUN AJARAN 2010/2011 PENERAPAN KUMON METHOD PADA POKOK BAHASAN GERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAN DEMAK TAHUN AJARAN 2010/2011
Damar Sapta Jatmika , 4201406014 (2010) PENERAPAN KUMON METHOD PADA POKOK BAHASAN GERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAN DEMAK TAHUN AJARAN 2010/2011 PENERAPAN KUMON METHOD PADA POKOK BAHASAN GERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAN DEMAK TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN KUMON METHOD PADA POKOK BAHASAN GERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAN DEMAK TAHUN AJARAN 2010/2011)
- Published Version
Download (536kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi penulis terhadap guru fisika MAN Demak ditemukan masalah: proses pembelajaran masih cenderung ceramah, lingkungan sosial orang tua kurang mendukung siswa belajar, dan minat belajar fisika rendah. Sehingga berdampak pada hasil belajar fisika. Hasil belajar fisika ini di tunjukkan pada perolehan ujian blok MID semester gasal 2009/2010 di kelas XI IPA dengan nilai rata-rata 67,82 dengan ketuntasan klasikal 70%. Faktanya hanya 49% siswa yang telah mencapai kriteria tuntas, sedangkan 51% siswa belum mencapai kriteria tuntas. Guru perlu menerapkan model pembelajaran Kumon method untuk dapat membangun pengetahuan sendiri sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Kumon method merupakan suatu model pembelajaran langsung dengan mengaitkan antar konsep, keterampilan, kerja individual, dan menjaga suasana nyaman-menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 MAN Demak. Lokasi Penelitian ini adalah MAN Demak. Objek penelitiannya di kelas XI IPA 3 tahun pelajaran 2010/2011 semester gasal. Penelitian ini merupakan PTK, pengambilan datanya dari worksheet, tes evaluasi, dan dokumentasi. Data di uji dengan gain factor untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Kumon method. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif. Peningkatannya berturut dari siklus I ke siklus II yaitu 50 % ke 71,43%. Analisis hasil belajar kognitif menunjukkan peningkatan, dari uji gain factor diperoleh nilai 0,13 atau 13 %. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kumon method dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 MAN Demak. Saran yang dapat disampaikan adalah model pembelajaran Kumon method dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kumon method, hasil belajar fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 25 Aug 2011 03:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3786 |
Actions (login required)
View Item |