FABRIKASI DAN KARAKTERISASI BURIED WAVEGUIDE MENGGUNAKAN POLYMETHYL METHACRYLATE UNTUK OPERASI PADA DAERAH CAHAYA TAMPAK


Kukuh Eka Kurniansyah, 4211415026 (2020) FABRIKASI DAN KARAKTERISASI BURIED WAVEGUIDE MENGGUNAKAN POLYMETHYL METHACRYLATE UNTUK OPERASI PADA DAERAH CAHAYA TAMPAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211415026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan fabrikasi dan karakterisasi buried waveguide berbasis polymethyl methacrylate (PMMA) yang beroperasi pada daerah cahaya tampak. Fabrikasi waveguide dilakukan dengan cara membuat selubung waveguide yang terbuat dari PMMA yang dipahat pada bagian tengah menggunakan mesin pahat computer numerical control (CNC) untuk diisi dengan material inti waveguide, lalu ditutup dengan PMMA tanpa pahatan. Material yang digunakan sebagai inti waveguide adalah Unsaturated Polyester Resin (UPR) dengan merek Yukalac C108B (sampel) A dan Eternal 2441IP (sampel B). Karakterisasi dilakukan untuk mengetahui rugi daya keluaran waveguide dan mengetahui ketahanan waveguide terhadap perubahan suhu saat memandu cahaya. Karakterisasi rugi daya keluaran waveguide dilakukan dengan cara melewatkan cahaya dari LED dengan panjang gelombang 660 nm ke dalam waveguide. Karakterisasi terhadap perubahan suhu dilakukan dengan meletakkan waveguide kedalam chamber dan melewatkan cahaya dari LED dengan panjang gelombang 660 nm ke dalam waveguide. Spektrum keluaran dari karakterisasi waveguide diamati pada spektrometer Ocean Optic USB4000 pada rentang suhu 35°C - 85°C dengan kenaikan 10°C. Hasil dari karakterisasi rugi daya waveguide menunjukan bahwa rugi daya untuk sampel waveguide A dan B berturut-turut adalah -7,89 dB dan -13,85 dB, sedangkan hasil dari karakterisasi terhadap perubahan suhu untuk sampel waveguide A dan B berturut – turut menunjukkan rugi daya keluaran berubah sebesar 5,8 × 10-3 dB/°C dan 5,5 × 10-3 dB/°C.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Polymethyl Methacrylate, waveguide, rugi daya, suhu.
Subjects: Q Science > QC Physics > Geophysics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Aug 2020 22:04
Last Modified: 05 Aug 2020 22:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37784

Actions (login required)

View Item View Item