KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM UPAYA MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA


Diah Intan Pusparini, 4301414009 (2018) KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM UPAYA MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301414009.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan multimedia interaktif dalam upaya mereduksi miskonsepsi peserta didik. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pemalang tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan berbentuk Pretest-Posttest Control Design. Metode penelitian dimulai dari observasi, analisis miskonsepsi,penyusunan perangkat pembelajaran, tes diagnostik miskonsepsi, dan analisis data akhir. Penggunaan multimedia dikatakan efektif ditandai dengan kriteria: (1) Adanya peningkatan ketercapaian kompetensi dasar yang ditandai dengan rata-rata hasil pretest dan posttest yang paham konsep semakin meningkat, kelas eksperimen sebesar 28 % menjadi 82%, pada kelas kontrol sebesar 17% menjadi 54%, (2) Tercapainya ketuntasan klasikal dengan kriteria ketuntasan sebesar > 75 % ( diatas 75 %) pada kelas eksperimen dan 18 % pada kelas kontrol. Uji N-gain diperoleh data 0,67 pada kelas eksperimen dan 0,38 pada kelas kontrol dengan kriteria peningkatan tinggi, (3) Rerata nilai pretest dan posttest kelas ekseprimen lebih baik daripada kelas kontrol. Selanjutnya dari data posttest dilakukan uji t sehingga didapatkan harga thitung < ttabel. Penggunaan media pembelajaran dapat mengurangi kuantitas miskonsepsi pada materi larutan penyangga, yaitu 45 % sebelum pembelajaran menjadi 30 % setelah pembelajaran menggunakan multimedia interaktif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: larutan penyangga, multimedia interaktif, miskonsepsi
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 03 Aug 2020 14:33
Last Modified: 03 Aug 2020 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37690

Actions (login required)

View Item View Item