Pedagogical Content Knowledge (Pck) Calon Guru Dan Guru Kimia Pada Materi Buffer
Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia and Agung Tri Prasetya, - and Diah Ika Rusmawati, - (2016) Pedagogical Content Knowledge (Pck) Calon Guru Dan Guru Kimia Pada Materi Buffer. Unnes Science Education Journal, 5 (3). pp. 1432-1439. ISSN 2252-6617
Preview |
PDF (Pedagogical Content Knowledge (Pck) Calon Guru Dan Guru Kimia Pada Materi Buffer)
- Published Version
Download (345kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (893kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis PCK guru dan calon guru kimia serta implementasinya dalam pembelajaran pada materi Buffer. Subjek penelitian deskriptif adalah 2 calon guru Kimia yang mengontrak mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Kimia (PPK), dan 2 guru kimia peserta kegiatan MGMP kota Semarang. Kemampuan PCK dianalisis dari hasil pengisian CoRe, serta keterkaitannya dengan RPP dan LKS. Implementasi PCK di kelas diobservasi melalui lesson study untuk guru, dan melalui peer dan microteaching untuk calon guru. Hasil analisis CoRe menunjukkan bahwa gambaran PCK calon guru lebih runtut, detail, dan lebih lengkap dibandingkan guru. Mahasiswa calon guru lebih memperhatikan apersepsi dan aspek konstruktivis yang tampak LKS konstruktivis yang disusun. Baik guru maupun calon guru masih belum mencantumkan penurunan persamaan Buffer, sedangkan untuk mekanisme kerja Buffer hanya calon guru yang menuliskan baik dalam CoRe maupun LKS. Beberapa hal yang mulai dipertimbangkan guru maupun calon guru setelah pelatihan dan pembekalan PCK adalah dalam hal penulisan RPP dan LKS memikirkan apersepsi, materi prasyarat, keluasan dan kedalaman materi, dan strategi pembelajaran agar siswa mampu mengkonstruksi pengetahuannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PCK, Buffer, LKS |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 13:09 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 13:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37625 |
Actions (login required)
View Item |