Pengembangan Instrumen Penilaian Habits Of Mind Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Proyek Tema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa SMP


Dwi Lestari , - and Sudarmin, - and Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Habits Of Mind Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Proyek Tema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4 (1). pp. 796-806. ISSN ISSN 2252-6232

[thumbnail of Pengembangan Instrumen Penilaian Habits Of Mind Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Proyek Tema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa SMP]
Preview
PDF (Pengembangan Instrumen Penilaian Habits Of Mind Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Proyek Tema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa SMP) - Published Version
Download (372kB) | Preview
[thumbnail of Review_Pengembangan_Instrumen_Penilaian_Habits_of_Mind_pada_Pembelajaran_IPA.pdf]
Preview
PDF
Download (869kB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran berbasis proyek dengan tema pencemaran lingkungan. Pembelajaran IPA berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas dan mendukung perkembangan karakteristik habits of mind siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian habits of mind yang valid dan reliabel untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA berbasis proyek pada tema pencemaran lingkungan dan mengetahui karakteristik habits of mind siswa yang tampak setelah mengikuti pembelajaran IPA berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dan dilaksanakan di SMP N 6 Temanggung pada siswa kelas VII. Bentuk instrumen penilaian habits of mind berupa lembar penilaian guru berdasarkan penugasan proyek dan penugasan individu, serta lembar penilaian diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian habits of mind untuk pembelajaran IPA berbasis proyek mendapatkan nilai sangat layak dengan persentase 91% dari pakar evaluasi dan 93,75% dari pakar bahasa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kriteria dari karakteristik habits of mind „berpikir dan berkomunikasi dengan jelas dan cermat‟, „berpikir secara interdependen‟, dan „memeriksa akurasi‟ yang tampak setelah siswa mengikuti proses pembelajaran IPA berbasis proyek adalah „mulai berkembang‟. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori perkembangan kognitif menurut Piaget tentang tahap operasional formal. Respon positif siswa terhadap penerapan instrumen penilaian habits of mind dalam pembelajaran IPA berbasis proyek mencapai 87% pada tahap uji coba skala besar dan 89,2% pada tahap uji penerapan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: habits of mind, proyek, pencemaran lingkungan
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 30 Jul 2020 12:23
Last Modified: 30 Jul 2020 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37619

Actions (login required)

View Item View Item