Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Soft Skill Dan Pemahaman Konsep
Faizah, - and S. S. Miswadi, - and Sri Haryani, MIPA Pendidikan Kimia (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Soft Skill Dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (3). pp. 120-128. ISSN 2339-1286
Preview |
PDF (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Soft Skill Dan Pemahaman Konsep)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (806kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, peningkatan soft skill dan pemahaman konsep, serta respon siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Hasil menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan rata-rata skor sebesar 3,57, adanya peningkatan soft skill siswa dengan N-Gain sebesar 0,46 dalam kategori sedang, sebanyak 72,72% siswa mencapai ketuntasan soft skill dengan kriteria tinggi atau sangat tinggi, pemahaman konsep siswa juga meningkat dengan perolehan N-Gain sebesar 0,69 dalam kategori sedang, sebanyak 84,85% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 76, serta siswa memberikan respon positif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Concepts Understanding; Development of Problem-based Learning Tools; Soft Skills |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 11:46 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 11:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37614 |
Actions (login required)
View Item |