Pengembangan Media Flashcard Berpendekatan Pramek Tema Energi Pada Makhluk Hidup Untuk Siswa SMP
Istianah, - and Sudarmin, - and Sri Wardani, MIPA Pendidikan Kimia (2015) Pengembangan Media Flashcard Berpendekatan Pramek Tema Energi Pada Makhluk Hidup Untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4 (1). pp. 747-755.
Preview |
PDF (Pengembangan Media Flashcard Berpendekatan Pramek Tema Energi Pada Makhluk Hidup Untuk Siswa Smp)
- Published Version
Download (280kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (929kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan hasil pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Juwana perlu ditingkatkan karena pembelajaran IPA kurang menarik minat siswa dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan keefektifan media flashcard berpendekatan PRAMEK yang telah dikembangkan peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Langkah-langkah penelitian dikembangkan dengan menggunakan metode R & D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA Terpadu tema energi pada makhluk hidup. Skor kelayakan penilaian mencapai 96,87% sesuai kriteria layak dari BSNP yang telah dimodifikasi. Ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa pada uji pelaksanaan lapangan mencapai 94% yang artinya media flashcard efektif diterapkan untuk pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan media flashcard berpendekatan PRAMEK layak dan efektif digunakan serta mendapatkan respon yang positif oleh siswa dalam pembelajaran tema energi pada makhluk hidup
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flashcard, Pembelajaran IPA, Energi pada Makhluk Hidup |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Jul 2020 12:34 |
Last Modified: | 26 Jul 2020 12:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37505 |
Actions (login required)
View Item |