Perbedaan metode mengajar servis bawah terhadap keberhasilan servis bawah siswi kelas X SMK N I Salam tahun 2006/2007


Bibit Widianta, 6101905022 (2007) Perbedaan metode mengajar servis bawah terhadap keberhasilan servis bawah siswi kelas X SMK N I Salam tahun 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan metode mengajar servis bawah terhadap keberhasilan servis bawah siswi kelas X SMK N I Salam tahun 2006/2007]
Preview
PDF (Perbedaan metode mengajar servis bawah terhadap keberhasilan servis bawah siswi kelas X SMK N I Salam tahun 2006/2007) - Published Version
Download (20kB) | Preview

Abstract

Karena dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan sub kopetensi servis bawah bola voli banyak siswa putri yang kesulitan/tidak mampu melakukan servis bawah bola voli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan keberhasilan antara metode konvensional yang telah biasa digunakan dengan metode lemparan bawah dalam mengajar servis bawah bola voli pada siswi kelas X SMK N I Salam tahun 2006/2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pola M-S sedang pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik ttes rumus pendek dengan taraf signifikan 20%,sedang derajat kebebasan 17, populasi yang digunakan siswi kelas X SMK N I Salam berjumlah 72 anak. Dari jumlah tersebut diambil sampel 50% secara acak/random. Kemudian sampel dikelompokan berdasarkan tes awal dengan menggunakan Matching dengan rumus ABBA,setelah terbentuk dua kelompok selanjutnya kelompok eksperimen 1 diberikan pembelajaran servis bawah dengan metode lemparan bawah sedang kelompok eksperimen 2 dengan metode konvensional selama dua kali pertemuan. Dalam pelaksanaan tes awal diperoleh mean dari kelompok eksperimen satu 6,00 sedang mean dari kelompok eksperimen dua 6,05. Hasil tes akhir mean kelompok eksperimen satu 7,50 kelompok eksperimen dua/kelompok kontrol 6,77. Dari perhitungan statistik didapat t hitung sebesar 1,674 sedang t tabel 1,333 ini berarti t hitung lebih besar dari t tabel. Hal ini terbukti bahwa metode lemparan bawah lebih baik dibanding dengan metode konvensional untuk mengajar servis bawah bola voli siswi kelas X pada SMK N I Salam tahun 2006/2007. Berdasarkan penelitian ini, metode lemparan bawah, dapat dijadikan satu metode baru untuk mengajar servis bawah bola voli pada siswa putri. Di sarankan pada para guru pendidikan jasmani apabila dalam mengajar servis bawah bola voli pada siswa putri mengalami kesulitan, agar menggunakan metode lemparan bawah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2011 00:21
Last Modified: 25 Aug 2011 00:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item View Item