Pengaruh Penerapan Desain Pembelajaran Animalia dengan Model Experiental Jelajah Alam Sekitar di SMA


Aulia Zulfatu Nisa, - and Siti Alimah, Mipa Biologi and Aditya Marianti, - (2016) Pengaruh Penerapan Desain Pembelajaran Animalia dengan Model Experiental Jelajah Alam Sekitar di SMA. Lembaran Ilmu Kependidikan, 45 (1). pp. 20-27. ISSN 0216-0847

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Desain Pembelajaran Animalia dengan Model Experiental Jelajah Alam Sekitar di SMA]
Preview
PDF (Pengaruh Penerapan Desain Pembelajaran Animalia dengan Model Experiental Jelajah Alam Sekitar di SMA) - Published Version
Download (313kB) | Preview
[thumbnail of Review_Pengaruh_Penerapan_Desain_Pembelajaran_Animalia_dengan_Model_Experiental_Jelajah_Alam_Sekitar_di_SMA.pdf]
Preview
PDF
Download (814kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan desain pembelajaran animalia dengan model Experiential Jelajah Alam Sekitar terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ungaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan pola posttest only control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 6 (kelas eksperimen) dan X MIPA 7 (kelas kontrol), diambil melalui teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah desain pembelajaran dengan model EJAS pada materi animalia, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan ketuntasan klasikal kelas eksperimen mencapai 92% (KKM ≥75). Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai aktivitas siswa paling tinggi berdasarkan aspek yang diamati adalah aktivitas motorik (92,35%), aktivitas menulis (92,12%), aktivitas kerjasama (91,90%), aktivitas analisis (82,40%), dan aktivitas bicara (80,20%). Secara umum guru dan siswa memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan desain pembelajaran animalia dengan model EJAS berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Ungaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: experiential jelajah alam sekitar; animalia; learning outcomes; students activities
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Jul 2020 14:16
Last Modified: 05 Jul 2020 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37189

Actions (login required)

View Item View Item