Pengembangan Pembelajaran Daur ulang limbah berorientasi bioentreore-neurship dengan model Project Based Learning
Erna Yuniartiek , - and Dyah Rini Indriyanti, BIOLOGI UNNES and Siti Alimah, Mipa Biologi (2015) Pengembangan Pembelajaran Daur ulang limbah berorientasi bioentreore-neurship dengan model Project Based Learning. Lembaran Ilmu Kependidikan, 44 (2). pp. 104-110. ISSN 0216-0847
Preview |
PDF (Pengembangan Pembelajaran Daur ulang limbah berorientasi bioentreore-neurship dengan model Project Based Learning)
- Published Version
Download (727kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (780kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran materi daur ulang limbah berorientasi bioentrepreneurship dengan model project based learning merupakan pembelajaran yang dibutuhkan untuk memberikan bekal kewirausahaan dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis validitas dan keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pre-tes post-tes control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Mejayan pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Data hasil penelitian berupa data soal hasil tes, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, penilaian produk, serta angket respon peserta didik terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran daur ulang limbah berorientasi bioentrepreneurship dengan model PjBL memiliki kriteria valid untuk validitas dan keterlaksanaan pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Waste recycling; bioentrepreneurship project based learning |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 Jul 2020 14:09 |
Last Modified: | 05 Jul 2020 14:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37188 |
Actions (login required)
View Item |