Model Meksint Korefsi dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Pembelajaran Struktur Tubuh Hewan
Siti Alimah, Mipa Biologi and Supriyanto, - and Nur Rahayu Utami, - (2014) Model Meksint Korefsi dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Pembelajaran Struktur Tubuh Hewan. Biosaintifika, 6 (1). pp. 45-50. ISSN 2085-191X
Preview |
PDF (Model Meksint Korefsi dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Pembelajaran Struktur Tubuh Hewan)
- Published Version
Download (812kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (770kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah menghasilkan model meksint korefsi dengan pendekatan Jalajah Alam Sekitar pada pembelajaran Struktur Tubuh Hewan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif kegiatan perkuliahan Struktur Tubuh Hewan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research& Development dengan tahapan sebagai berikut: planning, design, dan development dengan 2 tahap evaluasi yaitu: uji alpha, uji betha, dan uji lapangan. Hasil uji alpha pada model pembelajaran meksint korefsi oleh ahli pembelajaran biologi memperoleh skor sebesar 3.13 dan hasil uji betha oleh mahasiswa sebagai pengguna memperoleh skor sebesar 3.64. Hasil uji t test antara dua rombel mahasiswa responden uji lapangan diperoleh thitung= 2.94 ≥ ttabel= 2.39 (α = 0.01; n = 60). Dengan demikian model meksint korefsi dengan pendekatan Jalajah Alam Sekitar layak digunakan sebagai salah satu alternatif pilihan model pembelajaran dalam proses perkuliahan Struktur Tubuh Hewan, sehingga disarankan perlu adanya proses diseminasi model tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | animal anatomy lecture; Jelajah Alam Sekitar approach; meksint korefsi model |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 Jul 2020 13:42 |
Last Modified: | 05 Jul 2020 13:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37184 |
Actions (login required)
View Item |