Analisis minat keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan implikasinya pada hasil belajar Biologi di SMA
Syaiful Ishlahul Umam, - and AriYuniastuti, - and Siti Alimah, Mipa Biologi Analisis minat keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan implikasinya pada hasil belajar Biologi di SMA. Journal of Biology Education, 6 (3). pp. 274-285. ISSN 2252-6579
Preview |
PDF (Analisis minat keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan implikasinya pada hasil belajar Biologi di SMA)
- Published Version
Download (612kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (825kB) | Preview |
Abstract
Minat menentukan perolehan hasil. Minat belajar tinggi dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan implikasinya pada hasil belajar biologi di SMAN 1 Semarang. Metodologi penelitian menggunakan mixmethods dengan strategi eksploratoris sekuensial (sequential exploratory). Pelaksanaan penelitian dilakukan di lapangan menggunakan empat metode, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Data diperoleh berupa deskripsi minat siswa dan skor minat siswa.Selanjutnya dibandingkan dengan hasil ujian akhir sekolah siswa. Data-data dianalisi dengan korelasi, regresi dan t-test kemudian dinarasikan. Hasil penelitian menunjukkan 70% siswa berminat untuk mengikuti bimbingan belajar dan berdasarkan analisis regresi linear terdapat pengaruh minat keikutsertaan siswa terhadap hasil belajar biologi denganR2= 0,87 (α=0.003). Analisis korelasi product moment Pearson diperoleh nilai koefisien 0,295 dengan signifikansi 0,003 menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara minat dengan hasil belajar biologi. Berdasarkan uji independent t-test menunjukkan thitung= 5.12 ≥ ttabel= 2.32 (α= 0.00; n=100). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sebagian siswa berminat untuk mengikuti bimbingan belajar biologi. Minat siswa dengan hasil belajar mempunyai hubungan positif dengan kriteria rendah serta mempengaruhi hasil belajar biologi. Terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang ikuti bimbingan belajar dan tidak ikut bimbingan belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impact of cigarette, inquiry, student worksheet |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 Jul 2020 13:16 |
Last Modified: | 05 Jul 2020 13:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37180 |
Actions (login required)
View Item |