Pengaruh Strategi Brain Based Learning pada materi Klasifikasi makhluk hidup terhadap ketrampilan berfikir kritis siswa
Hasanah Ratri Handayani, - and Siti Alimah, Mipa Biologi and Amin Retnoningsih, - (2016) Pengaruh Strategi Brain Based Learning pada materi Klasifikasi makhluk hidup terhadap ketrampilan berfikir kritis siswa. Unnes Journal of Biology Education, 5 (2). pp. 171-179. ISSN 2252-6579
Preview |
PDF (Pengaruh Strategi Brain Based Learning pada materi Klasifikasi makhluk hidup terhadap ketrampilan berfikir kritis siswa )
- Published Version
Download (397kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (901kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh strategi brain based learning pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Eka Sakti Semarang. VII Bahasa dan VII Bhinneka dipilih menjadi sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dinyatakan berpengaruh apabila terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data keterampilan berpikir kritis siswa diuji menggunakan uji t. Hasil analisis uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifkan yaitu keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi brain based learning pada materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh lebih baik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brain based learning strategy; Classification of living things; Critical thinking skill |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 Jul 2020 12:56 |
Last Modified: | 05 Jul 2020 12:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37178 |
Actions (login required)
View Item |